Dukung Kegiatan Balajar Dari Rumah, Pemkot Depok Luncurkan Kanal Youtube

0

Depok – Guna mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan meluncurkan kanal Youtube pembelajaran dalam jaringan, kanal ini resmi di luncurkan Walikota Depok KH. Mohammad Idris, di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II.

Walikota Depok KH. Mohammad Idris mengatakan, kehadiran kanal Youtube, menurutnya pertama kali ada di Indonesia, jadi ini bisa bermanfaat bagi siswa di Kota Depok. Selain itu, juga bisa meminimalisir kendala selama BDR berlangsung.

“Bisa dimanfaatkan tidak hanya di jam belajar, tapi dapat diulang kembali saat di luar jam belajar,” ujarnya usai launching kanal Youtube di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibalek (18/9).

Menurut Walikota KH Mohammad Idris. dalam suasana pandemi Covid-19 yang mencemaskan, mengakibatkan para siswa Belajar Dari Rumah (BDR) bahasa kerennya Study At Home (SAH).

“Terima kasih kepada para kepala sekolah, para guru, para insan pendidikan telah mewujudkan proses belajar dan mengajar berupa inovasi,” ujar Idris.

Disdik imbuh Idris, telah menyusun kurikulum khusus Kota Depok oleh tim pengembang kurikulum, melalui kanal YouTube Belajar Bersama Disdik Kota Depok (Bintang Depok).

berharap, agar Disdik dapat berkomunikasi dengan Diskominfo, bahwa ini adalah merupakan fakta inovasi yang telah dilakukan oleh insan pendidikan di Kota Depok.

“Agar diteladani oleh yang lainnya, harus dinarasikan seluruh Dinas Pendidikan, mengingat inovasi ini yang pertama kali di Indonesia,” Jelasnya.

Ada yang terpenting dalam dunia pendidikan adalah mengenai Home Visit, yakni atas seijin orang tua dan satgas covid-19 datang kesuatu tempat, seperi hal nya di kesehatan tentang Home Care.

“Tidak henti-hentinya saya menghimbau agar dilaksanakan dengan sumgguh-sungguh mengenai 2 I. 3 M, semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Muhamad Tamrin mengatakan, Kanal yang diberi nama ‘Belajar Bersama Disdik Kota Depok’ ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).Launching Innovative Learning YouTube Channel Bintang Depok.

“peluncuran kanal tersebut menjadi yang pertama di Kota Depok dengan melibatkan guru-guru se-Kota Depok dan keberadaan kanal ini dapat disebarluaskan agar diketahui oleh masyarakat luas” ujar M Thamrin

Menurut Thamrin, kanal Youtube ini bisa ditularkan ke seluruh Indonesia, sebab sepengetahuan pak Walikota ini yang pertama di Indonesia dan akan disampaikan kepada kerabat-kerabat kita

“kanal Youtube ini memuat video-video pembelajaran bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)”ujarnya

Adapun lanjut Thamrin jadwal penayangan kanal Youtube setiap Senin sampai Kamis pukul 07.45 -12.00 WIB, serta Jumat pukul 07.45-11.00 WIB jadi pembelajaran kita tetap berjalan dengan baik.

“Intinya masalah pemahaman terhadap pelajaran-pelajaran dan kejenuhan dari para siswa bisa terbantu dengan channel Youtube ini,” pungkas Thamrin. (*)