Eco Nusa Jakarta Gelar School Of Eco Diplomocy di Sorong

0

SORONG-Yayasan Ecosistem Nusantara( EcoNusa Foundation) adalah organisasi niriaba yang memfokuskan program dan kegiatannya untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal,terutama di Papua ke tingkat nasional dan internasional pada upaya pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan.

Hal tersebut di sampaikan Direktur Program Yayasan EcoNusa Farid di hadapan puluhan peserta School Of Eco Diplomocy saat memberikan arahannya Rabu,(23/09/2020) bertempat di Gedung Pertemuan Luxio Hotel Kota Sorong

Dijelaskan Farid,salah satu program yang di kembangkan EcoNusa saat ini adalah School Of Diplomacy program pengembangan kapasitas anak muda perkotaan,terutama di tanah Papua sebagai aktor atau garda terdepan dalam menjaga dan melindungi sumber daya alam Indonesia melalui pendekatan yang populer.

” Yayasan EcoNusa ini dibuka sejak tahun 2018 dan sudah dilakukan hal yang serupa yaitu school of diplamacy di beberapa daerah Indonesia termasuk Kota Sorong,” pungkasnya.

Sebelum di lakukan pencerahan,kata Farid pihaknya terlebih dahulu merekrut anak didik,maka dari 80 orang yang mendaftar yang terpulih hanya 20 orang.

Ketika ditanya kriteria penilaian,kriteria penilaian adalah anak muda yang mengetahui tentang pengelolaan dan manfaat lingkungan.

Dikatakan penerimaan atau perekrutan anak didik school of Eco Diplomacy yang di jadwalkan berlangsung selama 4 hari memiliki kelas daaar,untuk anak muda perkotaan di Papua dan Maluku usia 16-25 Tahun dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman anak muda terhadap isu isu lingkungan di Kota masing-masing

Kelas menengah, anak muda berusia 21-30 Tahun dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terhadap isu kepemimpinan lingkungan dan diplomasi ekologi di Indonesia

Sementara kelas atas,untuk profesional muda di Indonesia usia 25-35 Tahun tujuan peningkatan kapasitas dilakukan dalam bentuk magang pada tokoh tokoh inspiratif delegasi pertemuan internasional dan lain lain.

School Of Eco Diplomacy dibuka oleh Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Sorong Julian Kelly Kambu mewakili Walikota.

Julian Kelly Kambu menyambut positif apa yang dilaksanakan Yayasan EcoNusa Jakarta tentang pemahaman anak muda terhadap isu isu lingkungan,sebab Kota Sorong ini telah ditetapkan rawan bencana,seperti banjir,tanah longsor dan lain sebagainya ,sehingga untuk melindungi hal hal rawan tersebut adalah para anak muda sebagai garda terdepan.(joharman silaen)