Empat Perangkat Daerah Kota Depok Terima Penghargaan ISO Penerapan SMM

0

Depok – 4 (Empat) Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan International Organization for Standarization (ISO) 9001:2015.

Keempat PD tersebut yaitu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

“sertifikasi yang diberikan merupakan kegiatan audit dari Badan Sertifikasi Independen guna melihat pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) di Perangkat Daerah ” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat Apel Pagi di lapangan Balaikota Depok, Senin (30/12/2019).

Dikatakan Idris, Indikator penilaian tersebut adalah terkait dokumentasi organisasi, efektifitas proses, dan perbaikan berkelanjutan pada kegiatan pengawasan dilakukan setiap enam bulan atau setahun sekali terhadap instansi yang bersertifikat ISO untuk melihat konsistensi penerapan SMM.

“keempat Perangkat Daerah tersebut dinilai telah membuktikan konsistensinya dalam mempertahankan SMM, sehingga dinilai layak mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015”,tutur Idris.

Adapun raihan penghargaan ISO tersebut untuk DPMPTSP Kota Depok mendapatkan tiga sertifikasi surveillance di bidang pelayanan, perizinan dan non perizinan, serta penanaman modal.

Selanjutnya Dishub Depok mendapatkan dua sertifikasi surveillance di bidang angkutan dan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor. Kemudian DLHK di bidang tata lingkungan hidup dan konservasi, serta sertifikasi surveillance untuk Disdukcapil Depok.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas kontribusi di dalam menjaga konsistensi penerapan SMM,” papar Idris.(*)