Evaluasi Audiensi Pelayanan Publik, Tim Kemenpan RB RI Datangi PN Denpasar

0

JAKARTA, sketsaonline – Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Denpasar untuk audiensi mengenai evaluasi pelayanan publik yang ada di PN Denpasar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  Dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/496/PP.02/2020 tanggal 30 September 2020.

Demikian dikatakan Ketua PN Denpasar Dr. H. Sobandi, SH, MH, saat dihubungi sketsaonline melalui telepon, Senin (26/10/2020).

“Evaluasi pelayanan publik ini satu keharusan, karena ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pelayanan ini menjadi ujung dari semua yang diberikan ke masyarakat,” jelas Sobandi.

Dikatakannya, bahwa pelayanan publik mungkin kesannya lama, berbelit-belit, waktunya panjang, biaya mahal dan sebagainya.

Untuk memudahkan pelayanan kepada publik, lanjut Sobandi, adalah dengan memanfaatkan serta memaksimalkan teknologi informasi. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Bisa kita lihat dalam situasi pandemi Covid-19 ini ternyata IT menjadi jawaban. Yakni dengan menggunakan fasilitas video conference, zoom dan sebagainya. Ternyata bisa dilakukan,” ujar Sobandi.

Dengan memanfaatkan teknologi, yang perlu dipersiapkan adalah insfrastruktur maupun suprastrukturnya. Juga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDA) nya serta kesiapan sarana pendukungnya.

Ditanya dari hasil evaluasi di PN Denpasar, Sobandi menyatakan, bahwa pelayan publik di PN Denpasar sangat berjalan dengan baik.

“Kami mengapresiasi langkah evaluasi ini. Pihak PN Denpasar menyatakan sangat siap dengan adanya evaluasi pelayanan publik di PN Denpasar ini,” tegasnya.

Siap untuk diaudit dan dievaluasi dalam pelayanan publik, Sobandi menegaskan, PN Denpasar satu-satunya satuan kerja di Mahkamah Agung yang dipercaya untuk di evaluasi.

“Jadi kriterianya sudah dkatakan tadi, bahwa PN Denpasar pelayanan sangat baik. Tapi kami akan tingkatkan menjadi sempurna,” tandasnya.

(JIMMY)