Fase New Normal, SMA Negri 1 Natal Gelar In House Training

0

Natal, Mandailing Natal – Masa Pandemi Covid 19, SMA Negeri 1 Natal, Kabupaten Mandailing Natal menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran secara Daring, melalui tema ” Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Era New Normal, (Kamis,22/10/20).

Tuntutan perubahan pola pembelajaran adalah sebuah tuntutan perubahan yang harus diterima dan dijalani. Sebab, tuntutan perkembangan sains, teknologi dan seni telah menunjukkan perkembangannya yang sangat signifikan.

Perkembangan sains dan teknologi telah mengubah cara belajar peserta didik. Mereka bisa mengakses informasi (ilmu pengetahuan) dari ruang pribadi mereka, dan bahkan sangat terbuka kemungkinan informasi yang dimiliki oleh peserta didik lebih daripada yang dimiliki oleh guru. Perubahan sistem pembelajaran ini juga didasari faktor utama Pandemi Covid 19 yang masih belum berakhir.

Imam Kusnodin, M.Pd pemateri yang memberikan pemaparan tentang peningkatan kompetensi guru, bagaimana menjadi guru inovatif dalam era New Normal ini. Guru tidak boleh monoton, yang hanya mengandalkan pemberian soal, mencatat materi tanpa memberi penjelasan.

“Menjadi guru zaman now, harus mempunyai inovasi dalam mengembangkan dan mempergunakan media pembelajaran berbasis elektronik dan digital” terang Kusnodin dalam pemaparannya.

Narasumber yang sudah kelas nasional ini mengajak untuk mengubah mindset ditengah era new normal demi peningkatan mutu pendidikan. Dalam acara tersebut diberikan juga pelatihan tentang Media Pembelajaran Classroom, pembuatan video pembelajaran PKB, PKG, SKP dan lainnya.

Dilain pihak, Kepala SMA Negeri 1 Natal Drs.Oloan Nasution yang didampingi WKS Kurikulum Zulyan Hamdy Alfan, S.Pd.I menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi para guru dalam berkreasi mengembangkan metode pembelajaran.

Peran guru tidak bisa lagi mendominasi siswa, tetapi lebih tepat berperan sebagai partner belajar yang bisa mendampingi dan memberikan motivasi belajar, sehingga berkembang seiring dengan perkembangan usia dan norma yang berkembang dalam bermasyarakat.

Drs.Oloan Nasution menjelaskan Bimtek ini berlangsung selama 2 hari (22-23 Oktober) dengan Narasumber Nasional Imam Kusnodin, M.Pd , Elida Hafni, M.Pd dan Sulaiman S. Harahap dari Cabang Dinas Pendidikan Sidimpuan Sumatera Utara. Bimtek yang diikuti guru-guru dari Sekolah Menengah Atas di wilayah Pantai Barat Mandailing Natal dengan tetap mematuhi protokoler Kesehatan pencegahan Covid 19.

Dijadwalkan acara Bimtek ini akan dihadiri dan ditutup oleh Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sidimpuan Pahri Siregar, S.Sos.

(Iskandar)