Gara – Gara Pada Parkir dan nge’tem Sembarangan Jadi Macet Parah Deh !!!..

0

Depok – Sketsa Online

Sebagaimana diketahui, trotoar merupakan area atau jalur khusus untuk pejalan kaki. Namun , trotoar maupun bahu jalan disulap menjadi lahan parkir bagi angkot dan terkadang mobil pribadi pun banyak yang memarkirkannya di bahu-baru jalan seperti Jalan Raya Margonda , Jln Raya Dewi Sartika ,jln Raya Kartini ,Jln Nusantara itupun masih banyak lagi bahu jalan yang di jadikan ajang parkir ataupun tempat terminal bayangan bagi para angkot.

Akibat ulah sopir angkot maupun mobil ptibadi yang memarkir kendaraannya di atas trotoar dan bahu jalan tersebut, para pejalan kaki pun jadi terhalang sehingga banyak pejalan kaki yang turun ke jalan yang sebabkan ruas jalan menyempit mengakibatkan macet yang cukup panjang. Ungkap Syahroni Wakil Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM Penjara) saat di jumpai di Balaikota Depok .

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana mengaku akan melakukan tindakan tegas terhadap sopir angkot atau pun Mobil pribadi jika membandel pihaknya tidak segan akan lakukan penggembokan jika kedapatan yang parkir di sembarang tempat. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Kepolisian untuk memberikan efek jera bagi pelanggar.

“Kami akan lakukan penindakan bersama pihak kepolisian, karena sebetulnya pelanggaran semacam itu harus bekerjasama dengan pihak kepolisian,” ujarnya di Balai Kota, Senin (7/11/2016).

Ketika disinggung terkait sanksi penggembokan, Gandara mengaku kegiatan penggembokan dilakukan siang hari oleh Dishub, sedangkan parkir liar kebanyakan dilakukan sopir pada malam hari.

“Tindakan tepat yang ditempuh untuk pengusaha angkot sendiri adalah melakukan pembinaan dan pemanggilan trayek yang bermasalah. Di dalam struktur organisasi pengusaha angkot, ada pengurus jalur, akan kita panggil untuk beritahukan kepada anggotanya supaya mereka tidak melakukan parkir di trotoar dan sembarangan, Dan untuk kendaraan mobil pribadi Dia menghimbau agar taat pada rambu-rambu yang telah di pasang oleh pihak Diahub maupun kepolisian tegasnya.

Lebih jauh Gandara menghimbau kepada pengguna jalan yang merasa terganggu dengan adanya angkot yang ngetem dan parkir sembarangan untuk bisa diinfokan ke Polsek setempat untuk dilakukan penindakan.(dot)