Genjot Pembinaan Bela Negara, Divif 1 Kostrad Gelar Persami

0
Foto: Pendivif 1 Kostrad

BOGOR – Saka Wira Kartika (Pramuka binaan TNI AD), jajaran Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad melaksanakan perkemahan Sabtu-Minggu bersama, di Bumi Perkemahan Mayonbekang 1 Kostrad, Cibinong Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/10/2018).

Kegiatan yang diikuti 900 orang peserta ini, dibuka Aster Kasdivif 1 Kostrad Kolonel Inf Tamimi Hendra Kesuma, yang berlangsung selama dua hari, dimulai 27 hingga 28 Oktober 2018.

Panglima Divif 1 Kostrad dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aster Kasdivif 1 Kostrad menyampaikan, era globalisasi telah membuat kehidupan menjadi semakin transparan yang seolah-olah tidak ada lagi pembatas ruang, tempat dan waktu.

“Fenomena seperti ini tentu akan membawa berbagai perubahan dalam berpikir, bersikap dan bertindak terhadap masyarakat, bangsa dan negara termasuk generasi muda,” ujar Aster, dalam keterangan tertulis, Senin (29/10/2018).

Disamping untuk memberikan bekal pengetahuan praktis, kata dia, kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkan semangat bela negara guna mendorong dan meningkatkan kreasi kepramukaan kepada generasi muda pewaris masa depan bangsa.

Ia berharap, generasi muda pewaris perjuangan bangsa dapat menjadi manusia berkepribadian luhur, berjiwa Pancasila dan
mencintai tanah airnya.

“Diharapkan generasi penerus perjuangan bangsa memiliki kesadaran bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertitik tolak pada Lima unsur PPBN yakni kecintaan terhadap tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan kebenaran dan kesaktian Pancasila, rela berkorban demi bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara yang mantap,” jelasnya.

Persami Saka Wira Kartika jajaran Divif 1 Kostrad Tahun 2018 ini, mengambil tema “TNI AD Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika Tahun 2018 di Jajarannya Ikut Serta Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berkarakter Dan Berwawasan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Guna Menjaga Keutuhan NKRI”.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika jajaran Divif 1 Kostrad Tahun 2018 ini, meliputi lima Krida Saka Wira Kartika, yakni Krida Navigasi Darat, Krida Survival, Krida Mountenaineering, Krida Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana.

Pada kegiatan Persami ini, juga dilakukan pembinaan kesadaran bela negara berupa PBB, PPM, latihan upacara bendera, penanaman wawasan kebangsaan berupa sosialisasi proxy war, sejarah nasional, bahaya paham radikalisme, bahaya laten komunis, kekaryaan dan kewirausahaan, serta kepedulian sosial dan lingkungan. (*)

Sumber: Pendivif 1 Kostrad.