Gubernur dan Kapolda Sepakat Terkait Audit Jembatan

0

Jatim – Gubernur Soekarwo mendukung penuh usulan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan telah mengirim surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) terkait upaya audit dan evaluasi jembatan yang ada di seluruh Jawa Timur.

“Karena jembatan timbang sudah tidak ada sebagai sarana kontrol beban kendaraan, beliau (Kapolda) juga mengusulkan jembatan timbang dihidupkan kembali,” terang Soekarwo saat menghadiri apel bersama di Mapolda Jatim, Jumat (20/4).

Tak hanya jembatan yang berusia tua, juga beberapa jembatan yang baru menurutnya harus di cek kekuatan konstruksinya agar kasus serupa tidak terulang lagi. “Karena di Bitung jembatan baru juga ambrol,” singkatnya.

Dari kabar sebelumnya, jembatan yang menghubungkanĀ  Ā Widang Tuban – Babat Lamongan sisi barat pada Selasa (17/4) sekira pukul 10.30 WIB ambruk dan mengakibatkan seorang sopir truk tronton Varia Usaha nopol W-9351-US meninggal dunia. Korban diketahui bernama Muhlisin (49) warga Desa Banter RT 11/05, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik.

Sementara sopir dump truk, Samsul Arif, warga Dusun Lengkong Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan, Mojokerto mengalami luka berat dan harus dilarikan ke rumah sakit di Babat, Lamongan. Sedangkan sopir truk nopol S-8569-UE, Saiful Arif (35) warga Desa Kembangan, Kebomas, Gresik tidak mengalami luka. Saat ini jalur yang biasa melintas pada jembatan itu dialihkan ke jalur Deandels Pantura melewati Paciran ( yok/Ning )