H.Acep Al Azhari Menjadi Narasumber Talk Show Gerakan Sadar Kaya

0

Dewan Pembina ICSB kota Depok H. Acep Al Azhari mengatakan Angka kemiskinan dikota Depok setiap tahunnya terus bertambah, hal ini menjadi tanggung jawab kita semua, baik dari Pihak Pemerintah, Akademisi, para pengusaha maupun masyarakat Depok

“kemiskinan bisa menjadi sumber permasalahan kemiskinan pun bisa menjadi sumber kejahatan”ujar H.Acep dalam Talk Show Gersaka Gerakan Sadar Kaya diaula DMall Margonda Depok, (12/10)

Dikatakan H. Acep, Menurut data yang ia dapat dari BPS tahun 2017-2018 kemiskinan di Depok setiap tahunnya mengalami peningkatan, jumlah jiwa yang miskin hampir rata-rata 2.000. terakhir ada kenaikan di angka 52,334, kalau di persentase kan itu sekitar 2, 34% dari jumlah penduduk rata-rata setiap tahunnya.

“Pernasalahnnya karena memang orang itu tidak berkembang dan yang kedua bisa dipengaruhi kota Depok menjadi kota yang diminati oleh banyak orang yang datang dan tinggal di Depok”.katanya

Menurut H. Acep, Semakin banyak orang yang datang ke Depok, semakin tinggi kemiskinan tinggi kemiskinannya. sementara yang sudah ada belum bergerak sama sekali, dan masih dalam keadaan kurang mampu. Maka kami berikan solusinya, salah satunya adalah seperti hari ini kita mau menyampaikan sebuah edukasi.

Jika kita tidak mampu membuat satu usaha. kita buat usaha rame-rame atau gotong royong. misalkan kita buat 50 orang kita buat usaha berjamaah dan menjadikan salah satu solusi.

Selain itu solusi ke dua kita mesti punya formulasi bagaimana kita mencari pendamping orang miskin dari orang yang berkecukupan, dari angka kemiskinan yang 50 rbu jiwa tersebut kita cari orang yang mau berbagi dari satu jiwa diberikan usaha atau diberikan pekerjaan. Itu akan menjadi solusi. Tutur H. Acep.

Jadi kesejahteraan yang kita ciptakan di Kota Depok, jika banyak orang yang terlibat itu akan semakin mudah dan disesuaikan. Jadi tidak hanya bergantung kepada pemerintah apalagi menyalahkan pemerintah.

“Intinya dalam acara talk show ini mudah mudahan bisa menjadi solusinya” papar H. Acep.

Sementara Pada talk show Gerakan sadar karya presiden Gersaka Ari Chandra Kurniawan memberikan tips serta motivasi peluang untuk menjalan suatu usaha.

Menurutnya kita harus Fokus pada peluang jadi bukan fokus pada masalah, karena potensi usaha ada di mana – mana,

Ekonomi berjamaah ada baiknya diterapkan di kota depok dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengentaskan kemiskinan khususnya di Depok.

Jadi kita cukup membuka wawasan, jangan kemiskinan menjadi belenggu kita dan Jangan hanya mencari pekerjaan tapi ciptakanlah peluang pekerjaan. demikian kata Ari Chandra pada pemaparannya .

Seperti diketahui H.Acep Al Azhari Bersama Ari Chandra Kurniawan selaku Presiden GERSAKA, menjadi nara sumber pada acara Talk Show Gerakan Sadar Kaya (Gersaka) dengan tema Memangun Narasi Perang terbuka terhadap kemiskinan melalui Ekonomi berjamaah (Gotong Royong) dalam agenda kegiatan Deook Halal Festival yang digelar Oleh ISCB Depok di DMall Magonda Depok.(hrln)