Hacord Gelar Forum Diskusi Kemitraan untuk Lingkungan yang Berkelanjutan

0
Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat menghadiri kegiatan Kerja sama delegasi Depok Indonesia – Fukuoka Japan Partnership for sustainable environment di RM Gabus Pucung Mampang Depok

Depok – Kerja sama delegasi Depok Indonesia – Fukuoka Japan (Partnership for sustainable environment ) Haji Acep Al Azhari lewat Jaringan HACORD Gelar Forum Diskusi dirumah makan Gabus Pucung Grogol Limo Depok

Tujuan dari kegiatan ini adalah kerja sama dalam bisnis industri energi bidang lingkungan hidup yang berkelanjutan antara Depok Indonesia dengan Perusahaan Jepang.ujar H Acep kepada sketsa (26/02).

Dikatakan H Acep dilaksanakannya agenda ini berawal dari organisasi Indonesia-Jepang Biznis NetWork (IJB-Net) dan disana saya sebagai penasehat. Lewat organisasi ini kemudian bersama pihak Jepang membuat kemitraan.

” Maka hal ini menjadi kesempatan bagus buat Kota Depok. Ada peluang sangat terbuka sebab pada forum ini menghadirkan narasumber 15 perusahaan Jepang dari berbagai bidang skala menengah kecil dan besar”katanya

Perusahaan yang di undang ke sini fokus kepada bidang Environt and Agrobusiness. Menurut H Acep dengan berbagai permasalahan sampah yang ada khususnya di kota Depok, ini menjadi suatu peluang untuk sebuah inovasi dalam pengelolaan sampah maupun limbah.

Harapannya pemerintah mensuport karena sangat membantu untuk keluar dari permasalahan sampah dan kenyamanan tempat tinggal dengan masuknya investor dari luar negeri melalui para pengusaha di kota Depok

“Usai forum ini akan dalami. Bisa jadi ke depannya melakukan mengolah sampah dipasar pasar maupun limbah industri yang ada di Depok”ujar pria yang akrab disapa JiAcep.

Dirinya menilai bahwa ada hal yang ‘Prinsip’ kenapa negara Jepang bersih, dengan konsep-konsepnya dengan teknologinya

Kita bisa bersinergi untuk konsep dan teknologi. Depok kan kecil kotanya sangat bisa untuk kita benahi terkait permasalahan sampah.

“Peran serta dukungan dari pemerintah sangat penting, karena tanpa konekting kita tidak bisa hidup sendiri meskipun kita bangun, artinya Depok koneksi dengan Jepang, kepada tidak, karena kita nggak bisa hidup sendiri”katanya

Selain itu dirinya berharap pemerintah kota Depok mensuport tentang program – program, karena ini adalah sebuah inovasi bagus yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Partnership bidang daur ulang, Industri Primer khusus yang mendukung produk lokal Depok, Energi pembangkit listrik, serta menciptakan cluster lingkungan yang terintegrasi. Saya upayakan bisa terwujud lebih awal di lingkungan yang say miliki sebagai pusat kuliner , pusat belajar dan pusat bermain, (eat-learn-play).

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan, adanya forum diskusi bersama pengusaha Jepang terkait kerja sama dalam bisnis industri energi bidang lingkungan hidup yang berkelanjutan ini sangat bermanfaat.

“Terutama untuk energi terbarukan dari beberapa alternatif, apalagi ditengah kebutuhan kota metropolitan dengan hiruk pikuk kota, hal ini menurut saya sangat inovatif”,katanya.

Berharap dengan apa yang telah digambarkan pada forum, kita coba telaah dan kita kaji apa yang sudah mereka lakukan dan dimana manfaat yang bisa menjadi sampel maupun manfaat yang bisa menjadi bagian dari solusi terkait persoalan yang ada pada kita, terutama masalah sampah. Tutup Pradi. (DOT)