Hadapi Covid-19, Tim TAGANA Depok Butuh Bantuan Alat Kesehatan

0

Depok – Taruna Siaga Bencana ( TAGANA) Kota Depok merupakan salah satu instrumen penting yang siap siaga 24 jam mengantisipasi dan melakukan aksi nyata turun membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Sejak diumumkan adanya kasus suspect COVID-19 di kota depok, berdampak meningkatnya akan kebutuhan sarana prasarana dan alat kesehatan bagi warga maupun berbagai lembaga masyarakat yang ada dikota Depok.

Salah satu anggota Tim Tagana Depok yang akrab disapa Big Doni mengungkapkan betapa riskan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Tim dalam menghadapi bencana kemanusiaan dampak penyebaran virus Corona yang saat ini terjadi dikota depok.

Tugas kami sangat riskan saat berada dilapangan yang merupakan garda terdepan menghadapi bencana covid-19. oleh karena itu kami pihak Tagana membutuhkan bantuan perlengkapan alat kesehatan saat menjalankan tugas.

“Kami membutuhkan alat kesehatan seperti, hand sanitizer, masker bahkan Vitamin untuk menjaga kesehatan para tim disaat terjun ke lapangan. virus Corona ini tidak pandang bulu cepat penularannya.maka kami sangat membutuhkan alat kesehatan tersebut ujar Doni di Balaikota Depok (8/4).

Dikatakan Doni, adanya kasus Covid-19 di Depok tugas kami mengklarifikasi data yang ada kemudian memberikan bantuan logistik dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kota Depok, kepada warga yang memiliki riwayat kontak dengan suspek positif Corona atau PDP maupun ODP.

“Tim kami ada 19 anggota bertugas memberikan bantuan kepada warga yang PDP dan ODP. Tugas kami sangat riskan rawan terpapar virus. Maka kami sangat membutuhkan bantuan alat kesehatan, baik melalui donasi maupun pihak pemerintah kota Depok”,jelas Doni

Seperti diketahui TAGANA Sesuai tugasnya tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2012 tentang Pedoman Umum Taruna Siaga Bencana, mempunyai tugas melaksanakan penanggulangan bencana, baik Pra bencana, saat tanggap darurat, maupun pasca bencana, dan tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana. (DOT)