Hadapi Pemilu 2019 Polres Pacitan Gelar Apel Pasukan, Ini Kata Kapolres

0

Pacitan, Sketsaonline.com–Jelang pesta demokrasi pada April 2019 mendatang, Kepolisian Resort Pacitan bersama Komando Distrik Militer5 (Kodim) 0801 Pacitan, dan komponen terkait menggelar Apel Pasukan pengamanan pemilihan umum (Pemilu) pada Jumat (22/3/2019) di Alun-alun Pacitan.

Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi, S.I.K M.Hum mengatakan, apel gelar pasukan tersebut dalam meningkatkan sinergitas TNI-Polri dan unsur terkait lainnya, guna mewujudkan situasi di Kabupaten Pacitan yang kondusif, tertib, aman dan damai.

“Setelah gelar apel pasukan ini, akan dilaksanakan latihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) guna melatih personil-personil dalam menjaga dan mewujudkan tahapan Pemilu yang aman dan damai,” ujarnya, seusai pimpin Apel Pasukan, Jumat (22/03/2019).

Terkait TPS kategori rawan maupun sangat rawan, dalam hal ini pihaknya masih akan memetakannya. Namun, dari indeks potensi kerawanan yang telah ditetapkan dari hasil pendataan sebelumnya, ditegaskannya bahwa seluruh TPS di Pacitan dalam kategori kurang rawan.

“Di Pacitan masuk kategori kurang rawan, namun data itu masih terus berkembang. Untuk itu, bagi seluruh anggota yang berada di bawah, seperti babinsa, Kapolsek tetap mengupdate data indeks potensi kerawanan. Sehingga dapat diketahui TPS-TPS mana saja yang berkembang statusnya menjadi kurang rawan, dan nanti akan kita update serta kita rapatkan dahulu,” terangnya.

Menurutnya, meski tidak terdapat gangguan rawan Kamtibmas, karena semua TPS kategori kurang rawan, tetapi hanya ada beberapa kerawanan yakni letak geografis TPS yang mungkin tidak bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua. “Tetapi, kita tetap melakukan pengawalan dan juga pendampingan logistik hingga ke lokasi TPS,” katanya.

AKBP Sugandi menambahkan, untuk pengamanan pemilu, personil yang akan diturunkan sejumlah 406 personil, untuk pengamanan di 1.971 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Pacitan. “Tetapi kalau keseluruhan personil yang tergabung dalam mantap brata ini ada 560 personil,” tambahnya.

Sementara, Yudi Sumbogo, Wakil Bupati Pacitan menambahkan, terkait letak geografis yang sulit dijangkau, pemerintah daerah akan berupaya untuk mengantisipasi hal tersebut. Bahkan, akan memfasilitasi ketika terjadi keterlambatan maupun lainnya terkait pengantaran logistik pemilu.

“Kita sudah antisipasi dan kita suport, karena itu kan sudah ada anggarannya. Jadi, konsepnya nanti dari kepala wilayah (camat) akan mendeteksi terlebih dahulu hambatan-hambatan itu agar bisa kita tangani sebaik mungkin,” ujarnya.

Untuk diketahui, apel pasukan tersebut diikuti oleh ratusan personel gabungan, baik dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Dishub, ormas dan unsur terkait lainnya. (Sigit).