Hari Peduli Sampah Nasional 2018, DLH Jatim Gelar Aksi Bersih Kali Brantas

0

Jatim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur tetap berkomitmen dalam pembangunan berwawasan lingkungan. Ini terlihat, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jatim bersama masyarakat menggelar Aksi Bersih Kali Brantas yang dipusatkan di Kampung Warna Warni Jodipan Blimbing Kota Malang, Jumat (23/2).

 Kepala DLH Jatim, Dyah Susilowati saat membuka gelar Aksi Bersih Kali Brantas mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur siap mendukung dan terus berkomitmen dalam pembangunan berwawasan lingkungan. Gelaran Aksi Bersih Kali Brantas di Kampung Warna Warni Jodipan Blimbing merupakan  salah satu contoh dalam upaya mewujudkan komitmen itu.

“Kami harus peka dengan lingkungan, sehingga bisa menciptakan program pembangunan berwawasan lingkungan. Kegiatan ini akan kami jadikan program meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan penataan lingkungan, tidak hanya dalam satu atu dua bulan,” ujarnya.

Selain itu, DLH Jatim bersama kabupaten kota telah berencana membuat program bersama untuk membangun mental masyarakat di sepanjang bantaran sungai sehingga lebih peduli dan peka pada lingkungan sekitar. “Kami akan terus memberi edukasi ke masyarakat serta membuat kelompok peduli lingkungan yang beranggotakan masyarakat sekitar bantara sungai untuk turut serta peduli akan kebersihan lingkungan.

Selain ada program edukasi, pihaknya juga akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum untuk mencegah pengrusakan lingkungan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Gerakan Aksi Bersih Kali Brantas juga tindak lanjut dan implementasi dari arahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mengajak masyarakat melaksanakan gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional Tahun (HPSN) 2018. Gerakan ini kolaborasi antara pemerintah, pemerintah porovinsi, kabupaten/kota bersama masyarakat yang mengusung tema Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah.

Seperti diketahui, gerakan Aksi Bersih Kali Berantas yang diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup Jatim bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang ini diikuti oleh berbagai elemen yakni, masyarakat umum, pasukan kuning, perusahaan, sekolah, pegawai, partisipan, LPMK, dan bank sampah.

Yok/Ning