Hari Pertama Taraweh, Masjid Baiturrahman Rutan Depok Tidak Muat Tampung WBP

0

Depok, Baiturrahman di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Depok tidak muat menampung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang melaksanakan sholat taraweh di hari pertama Ramadhan.

Pelaksanaan sholat taraweh di Masjid Baiturrahman Rutan Depok, dipadati ratusan Santri WBP yang belajar mengaji di Pondok Pesantren (Ponpes) At Taubah Rutan Depok, itu berlangsung hikmat dan tertib, walau sempat diguyur hujan, Minggu (05/4).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Baiturrahman dan ketua ponpes At Taubah, M. Salabi mengatakan sudah membatasi para jamaah yang mengikuti taraweh, namun Masjid Baiturrahman tetap tidak menampung para santri yang Taraweh.

“Namun Alhamdulillah Taraweh tetap berlangsung aman, nyaman dan tertib. Bahkan kami sangat hikmat menunaikan shalat taraweh,” kata Salabi.

Dalam pesannya sebelum dilaksanakan shalat taraweh, Salabi meminta kepada seluruh jamaah dan para santri untuk khusuk menjalankan ibadah shalat taraweh.

Ceramah agama disampaikan oleh H. Tohiron, meminta para santri WBP Rutan Depok, agar mempelajari Al-Qur’an dengan lebih baik sehingga bisa menjadi bekal jika sudah bebas menjalani hukuman,” kata H. Tohiron

Sementara itu, semarak Ramadhan 1440H di Rutan Klas IIB Depok telah mempersiapkan berbagai program acara untuk mengisi kegiatan para santri selama bulan Ramadhan.

Diantaranya, Program Saur Saur yang dilaksanakan pukul 02.30 – 04.00. Subuh Berjamaah dan Tadarus Subuh pkl.04.30 – 05.30. Keladu (Kelompok Belajar Terpadu) dengan Mengaji Iqro dan Al Qur’an pkl. 10.00 – 11.45. Dakwah offline serial Umar bin Khatab R.A. pkl. 14.00 – 15.00. Tausyiah Ramadhan Ponpes At Taubah pkl. 15.30 – 17.00. Tadarus Al Qur’an: One Day One Ayat pkl. 17.00 – 17.45.Ifthor Jama’i dan Sholat Maghrib Berjamaah pkl. 18.00 – 18.30. Sholat Isya dan Taraweh Berjamaah pkl. 18.45 – 20.30. Tadarus Pengurus DKM dan Tutor pkl. 20.30 – 22.00.

Selain itu pas Ba’da Maghrib dilaksanakan buka puasa bersama di Masjid Baiturrahman Rutan Depok dan peringatan Nuzulul Qur’an dengan nonton bareng film “Keajaiban Al Qur’an. (DOT)

Sumber : Tok / Humas Rudep.