Hasil Pengembangan Sri Kuncoro, Aplikasi Dashboard E-Kepegawaian Diresmikan Kejaksaan RI

0

DEPOK, sketsaonline – Bertempat di Ruang Rapat Gedung Wira Badan Diklat Kejaksaan, penggunaan aplikasi dashboard e-Kepegawaian diresmikan oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung RI Bambang Sugeng Rukmono, Selasa (27/10/2020).

Adapun aplikasi dashboard E-kepegawaian tersebut merupakan hasil produk dari proyek perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XI tahun 2020 yang dikembangkan Sri Kuncoro, Kepala Kejaksaan Negeri Depok.

“Aplikasi ini dikembangkan dengan diterbitkannya Peraturan Presiden RI Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mewajibkan seluruh Kementerian/Lembaga menerapkannya untuk meningkatkan kualitas pemerintah berbasis elektronik,” kata Sri Kuncoro.

Selain itu, lanjutnya, penerapan SPBE ini, dalam rangka peningkatan penerapan tata laksana serta terwujudnya tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Di samping itu, masih katanya, untuk pelayanan kepegawaian, seperti kenaikan gaji berkala, cuti dan administrasi perijinan, masih dilaksanakan secara manual/konvensional sehingga proses pelayanan kepegawaian menjadi kurang efektif dan efisien.

“Perlu membuat dan mengatur strategi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kepegawaian di Lingkungan Kejaksaan melalui penggunaan dashboard e-kepegawaian dengan cara memanfaatkan teknologi informasi yang ada sekarang ini,” tuturnya.

“Melalui dashboard e-kepegawaian yang dilaksanakan secara online dan terintegrasi tersebut maka pegawai tidak perlu lagi mengajukan layanan secara manual. Bahkan, beberapa layanan tertentu, seperti kenaikan pangkat dan gaji bisa langsung diproses oleh Biro Kepegawaian secara otomatis sepanjang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan perundang-undangan,” katanya lagi.

Sri Kuncoro menerangkan, dengan menggunakan aplikasi ini, juga akan mempermudah pegawai dalam melakukan monitoring perkembangan status layanan kepegawaian yang diperlukan karena nanti akan dikembangkan agar dapat diakses para pegawai melalui android.

“Pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan Biro Kepegawaian pada Jaksa Agung Muda Pembinaan menjadi modern-bersih-melayani. Untuk sementara, aplikasi ini akan di isi dengan aplikasi e-Dosir, e-Pangkat, e-KGB, dan e-Ijin,” tandasnya.

(JIMMY)