HIPPA DESA MANDIRO MANFAATKAN DAM PARIT UNTUK SALURAN IRIGASI

0

BONDOWOSO| Sketsaonline. Com – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bondowoso di tahun 2018 ini bersama Hippa Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) SINAR MAKMUR Desa Mandiro Kec. Tegalampel memamfaatkan dam parit menjadi sumber air penopang.

Pemanfaatan dam parit itu dimanfaatkan khususnya untuk sawah yang berada di ketinggian yang selama ini sulit terjangkau irigasi.

Nurholis selaku Ketua Hippa Desa Mandiro mengatakan, ” pemamfaatan dam parit tersebut untuk membantu saluran irigasi lahan pertanian saat musim kemarau serta berfungsi menjaga kebersihan lingkungan yang selama ini saluran tersebut dijadikan tempat pembuangan kotoran ternak. ” Katanya Rabu (07/11).

Menurut Nurholis sebelum program tersebut terealisasi kita survei dulu tempatnya, lalu kita usulkan ke pusat. Yang perlu menjadi catatan bersama, bahwa dam parit ini bukan saluran irigasi primer, ” Ujarnya dilokasi.

Senada dengan yang dituturkan oleh Pak. Adre warga Rt. 24 Rw. 08 desa setempat Dam Parit dibuat di tempat yang sangat tepat sasaran, ” Hal ini dilihat dari asas manfaat serta kebutuhan warga sekitar yang notabenenya petani. ” Ungkapnya secara terpisah.

Farid menambahkan, ” sawah yang berada di ketinggian tertentu yang selama ini luput dari aliran irigasi di hilir, akan dialiri dari air yang sudah tertampung di Dam Parit. ” Imbuhnya.

Sementara itu, pantauan Sketsa dilokasi pembangunan Saluran irigasi berupa Dam Parit tersebut volumenya P. 280 m x T. 0. 60 Cm dengan anggaran kisaran Rp. 80 Juta yang saat ini realisasinya sudah mencapai 80 %. ( Bam” S ).