Hujar Deras, Jalan ARH Tergenang Banjir dan Tebing diwilayah RT 4 Kelurahan Abadijaya Longsor

0

Depok – Hujan deras yang terjadi di Kota Depok sejak pukul 14.30 WIB hingga sore hari ini, mengakibatkan banjir dan longsor. terpantau ruas Jalan Arif Rahman Hakim ketinggian air mencapai 50 sentimeter bahkan dampak banjir yang diduga saluran draninase tidak berfungsi membuat jalan macet.

Selain banjir,longsor juga terjadi di perumahan griya merdeka timur Rt 04/ Rw 02 Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya sekira pukul 15.05 Wib,dan anggota TNI sudah tanpak di lokasi kejadian .

Beberapa saat setelah mendapatkan informasi adanya peristiwa tanah longsor, Bidang Sumber daya air Dinas PUPR Depok langsung menerjunkan 1 tim satuan petugas (Satgas) ke lokasi kejadian.

“Saat ini Tim satgas sedang melancarkan aliran air dengan mengangkat puing-puing longsoran”ujar Bahtiar Kepala Seksi Bidang SDA PUPR Depok kepada sketsa saat meninjau lokasi ,(18/02)

Dikatakanya, untuk tindakan pengamanan tebing mengantisipasi terjadi longsor susulan satgas melakukan pemasangan terpal dan cerucuk bambu,

“Besok pihak DPUPR akan menurunkan alat berat untuk memaksimalkan pembersihan sisa longsor”,ujar Bahtiar

Selain itu untuk tindakan banjir yang terjadi di ruas jalan Arif Rahman Hakim pihaknya pun sudah menurunkan Satgas Banjir untuk menangani genangan air.

Menurutnya, banjir yang terjadi di Jalan Arif Rahman Hakim disebabkan crossingan saluran terjadi pedangkalan dan outlet situ pladen mengecil sehingga ada penyumbatan sampah

Saat ini, petugas sedang melakukan pengangkatan sampah di dalam saluran tersebut. Sementara, hujan deras masih mengguyur Kota Depok.

“Genangan karena tersumbat sampah, biasanya lima hingga satu jam sudah surut,” terang Bahtiar

Lebih lanjut Bahtiar menjelaskan bahwa saluran yang mengalir ke Situ Pladen di Jalan Arif Rahman Hakim kerap dikeluhkan sebagai sumber banjir. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meninjau langsung saluran air yang menyempit berada di bawah flyover tersebut

“Kita sudah berupaya melakukan penanganan untuk mencegah terjadinya genangan di Jalan Arif Rahman Hakim,” pungkas Bahtiar. (DOT)