Idul Adha 2020, Kajari Depok : Tetap Mengkedepankan Protokol Kesehatan

0

Depok – Hari Raya Idul Adha 2020 jatuh pada Jumat (31/7/2020) atau tepatnya pada 10 Dzulhijjah 1441 H.

Hari Raya Idul Adha juga identik dengan Hari Raya Kurban karena pada hari inilah umat Muslim diperintahkan untuk berkurban.

Perintah berkurban berlaku bagi setiap muslim yang mampu dan dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu pada Hari Raya Idul Adha.

Penyembelihan hewan kurban menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha.

Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya.

“Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Yudi Triadi, Jumat (31/7/2020).

Di tengah pandemi virus corona yang saat ini terjadi, lanjut Kajari, sedekah akan sangat bermakna, berapa pun jumlahnya.

“Pada kurban kali ini, Kejaksaan Depok siapkan dua ekor sapi dan tiga ekor kambing dengan tetap mengkedepankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini, ujar Kajari.

“Makna kurban itu sendiri ya, kerelaan keikhlasan. Penggugur dosa-dosa kita,” sambung Kajari didampingi Kasi Intelejen Herlangga Wisnu Murdianto, Kasi Datun Rully Tri Prasetyo dan Kasi Pidsus Hary Palar.

Kajari bersyukur dengan digelarnya kegiatan ibadah kurban tersebut. Tidak hanya sekedar seremonial, namun kegiatan jajaran Adhyaksa Depok ini diisi dengan tausiah untuk mengingatkan tentang kisah Nabi 
Ibrahim dan Ismail yang jadi tonggak Peringatan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban.

“Alhamdulilah, semoga bisa bermanfaat dan berkah. Tahun ini telah digelar ibadah kurban. Ikhlas berbagi kepada sesama. Kami bagikan untuk masyarakat umum, pegawai kejaksaan, dan sejumlah insan pers. Disisi lain, apa yang dialami Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail saat itu menjadi sejarah peringatan Idul Adha,” kata Yudi. (JIMMY)