Industri Kreatif yang Menjanjikan

0

Di era globalisasi saat ini makin banyak ide-ide kreatif yang diciptakan oleh banyak orang. Banyaknya ide-ide baru yang bahkan tak difikirkan orang terdahulu akan dapat terealisasikan dizaman modern ini. Akses yang telah memudahkan untuk setiap manusia bisa menyalurkan kreativitasnya juga bisa bersosialisasi dengan baik tanpa berinteraksi secara langsung.

Teknologi yang canggih dan ilmu yang semakin berkembang pesat membuat persaingan hidup manusia semakin sulit. Kebutuhan manusia semakin beragam sama hal nya dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup itu sendiri.

Banyaknya profesi dan pekerjaan baru yang mulai bermunculan, seperti vlogger, youtuber, bisnis online, dsb. Kini, kita bisa menciptakan ide kreatif kita sendiri dengan leluasa, membuat lapangan kerja dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Lalu krativitas apa yang dapat dijadikan usaha dan pekerjaan yang menjanjikan untuk saat ini? Beberapa sektor dalam ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk mendapatkan profesi yang menjanjikan.

Ekonomi Kreatif atau bisa disebut dengan industri kreatif adalah sekumpulan aktivitas ekonomi yang terkait tentang penciptaan dan penggunaan pengetahuan dan informasi sebagai kunci dalam kegiatannya. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.


Dalam ekonomi kreatif, ilmu pengetahuan, kreativitas serta bakat seseorang adalah menjadi hal yang utama. Seseorang diharuskan untuk menciptakan suatu hal atau ide yang menarik yang dapat berkembang sesuai alur zaman, menjadikan seseorang harus mengamati tentang perkembangan yang sedang dan akan terjadi di sekitar bahkan dunia. Lalu apasaja sektor yang termasuk dalam ekonomi kreatif?

Departemen Perdagangan Republik Indonesia telah membuat pemetaan akan sub sektor industri yang termasuk dalam industri kratif di Indonesia:

Arsitektur
Penerbitan atau percetakan
Televisi dan radio
Film, animasi dan video
Seni kriya
Aplikasi dan game
Desain interior
Musik
Desain komunikasi visual
Fashion
Desain produk
Periklanan
Fotografi
Kuliner
Seni rupa
Seni pertunjukan

Beberapa sektor industri diatas dapat menjadi pilihan usaha seseorang dalam berkarya di era globalisasi saat ini. Dengan mengamati kebutuhan dan keinginan masyarakat, juga menjaga profesionalitas dalam bekerja maka seseorang dapat bersaing dengan baik dalam pencapaian ekonomi yang baik.

Oleh : Nur Iftitakhiya Mahasiswi STEI SEBI Semester 4