Ini Kata Manager Pabrik Rumput Laut, Terkait Bau Amis

0

Situbondo, | Sketsaonline.com-Sebelumnya di beritakan di media online terkait keluhan warga Ardirejo tentang bau amis dari limbah pabrik rumput laut di bantaran sungai dam.

‌PT.Indonesia Lifa Algae Karanginan International pabrik rumput laut yang terletak di Kp.Bukit Sema, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur.

Terkait bau amis, Yusron selaku manager rumput laut menjelaskan, ” selama ini kita terus berupaya untuk membagi secara administrasi, permasalahan yang muncul kita selalu cepat menanganinya mulai dari mendirikan Ipal dengan arahan yang di berikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kita selalu koordinasi soal penanganan limbah “, Ucapnya kepada Sketsa.

Yusron juga menambahkan, ” memang limbah ini dinamis sifatnya, jadi ada kalanya kita sudah berbuat standar operasional. Salah satunya kita tidak menerima bahan baku dari suplayer nakal seperti dari kalimantan yang bahan bakunya berlumpur yang menimbulkan bau.

Jadi kita tetap upayakan hasil olahan limbah kita yang pertama bisa memenuhi baku mutu tidak menimbulkan dampak seperti bau yang dipermasalahan warga, kita sangat intens untuk mengetahui masalah ini khususnya masalah bau.

kita juga pernah mendatangkan konsultan untuk membantu mengatasi masalah bau dan limbah kita di berikan bahan bahan tambahan berupa WPA, setelah memberikan bahan WPA sudah agak berkurang baunya, tetapi kita akui belum bisa 100% bau bisa hilang terkadan ada kesaslahan teknis di lapangan seperti pengbilan bahan baku yang kotor, tapi kita tetap upanyakan supuya tidak timbul bau dengan cara menambahkan dosis yang lebih tinggi, Ujarnya.

Tolak ,warga sekitar juga mengatakan ” iya kadang juga timbul bau mas, tapi tidak seperti dulu yang baunya sangat menyengat ke hidung, untuk yang sekarang ini yang saya rasakan sendiri sudah agak mendingan “, tuturnya, ( Hafiz S-One ).