Ini Kata Sholikin, Prihal Pengadaan Baju Dan Atribut Pimpinan Dan Anggota DPRD Bondowoso

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Menyikapi prihal viralnya pengadaan baju dinas dan atribut Pimpinan dan anggota DPRD belakangan ini, kini Sekretaris DPRD Kabupaten Bondowoso, Sholikin, S.Pd, SH, M.Si, angkat bicara.

Sholikin, mengatakan kalau pengadaan baju dinas dan atribut Pimpinan dan anggota DPRD, merupakan hak anggota DPRD yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017, Pasal 12 Ayat (1), tentang hak keuangan dan administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Terkait dengan ketentuan Standar Harga Satuan pakaian dinas dan atribut, diatur dalam Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 103 Tahun 2020 tentang Hak Keuangan dan administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD, pada Pasal 10 Ayat (2) dan Ayat (3)”, Tegas Sholikin.

Dan Pihak Sekretariat DPRD, dalam hal perencanaan pengadaan baju dinas dan atribut Pimpinan dan Anggota DPRD, baik mengenai kuantitas serta harga disesuaikan dengan amanah pasal 10 Perbup 103/2020.

Ia juga menyampaikan arahan dan petunjuk Ketua DPRD Bondowoso, H. Ahmad Dhafir yang memerintahkan untuk lebih hemat dan melakukan efisiensi anggaran di Sekretariat DPRD.

“Dalam upaya efisiensi angggaran di Sekretariat DPRD Bondowoso, saat Pemerintah Daerah dan DPRD melakukan Refocusing, anggaran belanja DPRD dialihkan penggunaannya sebesar Rp. 8 Milyar untuk pos anggaran pemerintah yang menjadi skala prioritas, terutama untuk pos anggaran penanggulangan covid dan pemulihan ekonomi masyarakat”. Ujarnya.

Pengalihan anggaran DPRD Bondowoso juga dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 sebesar 1,2 Milyar, Bantuan Operasional Daerah (BOSDA) Madrasah Diniyah (Madin) sebesar 2,48 milyar, dan pengalihan anggaran lainnya yang tidak dapat dijelaskan satu per satu.

” Pengadaan baju dinas dan atribut Pimpinan dan anggota DPRD, bukan merupakan kehendak atau keingingan Pimpinan dan anggota DPRD, melainkan kewajiban yang harus dipenuhi Pemerintah Daerah berdasarkan Peraturan perundang-undangan,” Pungkas Sholikin. ( Bam” S ).