Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, KPK Roadshow Bus di Kab Situbondo

0
Foto: Hfz

Situbondo – Dalam rangka kegiatan Roadshow Bus KPK di Kabupaten Situbondo dengan tema “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi”, dihari pertamanya ini, Budi Santoso menyampaikan tingkat kepatuhan eksekutif dan legislatif di Situbondo.

“Hari ini kami sampaikan tingkat kepatuhan LHKPN pejabat di Situbondo. Dan Jumat besok baru kami akan sampaikan mengenai data dugaan korupsi yang masuk ke KPK,” katanya kepada awak media dalam konferensi pers di Ruang Baluran Pemkab Situbondo, Kamis. (18/7).

Dikatakannya, Roadshow Bus KPK dengan tema “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” di Kabupaten Situbondo akan berlangsung hingga Minggu, 21 Juli 2019, dengan agenda sosialisasi serta kampanye pencegahan korupsi.

“Tujuan singgah di Situbondo untuk mengajak seluruh komponen masyarakat, eksekutif, legislatif, dan komponen lainnya untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi dan pendidikan antikorupsi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi Budi Santoso juga mengemukakan kepatuhan penyerahan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pejabat Pemkab Situbondo, Jawa Timur, 100 persen. LHKPN merupakan salah satu bagian dari pencegahan korupsi dan parameter lainnya antara lain pelaporan gratifikasi.

“Ada 65 pejabat yang telah melaporkan LHKPN, jadi tingkat kepatuhan LHKPN eksekutif Pemkab Situbondo 100 persen, dan ini harus dipertahankan,” kata Budi

Sedangkan anggota DPRD Situbondo, menurut ia, dari jumlah 45 anggota sebanyak 41 wakil rakyat yang melaporkan harta kekayaannya ke KPK, atau tingkat kepatuhan LHKPN-nya 91 persen.

“dari data lima tahun terakhir jumlah kasus korupsi yang telah dilakukan penindakan oleh KPK, Jawa Timur tertinggi, yakni sebanyak 85 kasus dan tertinggi kedua Jawa Barat sebanyak 84 kasus dan tertinggi ketiga di Sumatera,” papar Budi. (Hfz)