Jelang Idul Adha, DKP3 Depok Akan Cek Kesehatan Hewan Qurban

0

Depok – Pemerintah kota Depok melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) akan mengecek kesehatan semua hewan ternak, khususnya yang akan digunakan untuk qurban.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyakit zoonosis yang bisa menular pada manusia demikian dikatakan Diah Sadiah, Kepala Dinas KP3 Depok diBalaikota (2/8)

Dikatakannya Zoonosis ini adalah infeksi yang ditularkan di antara hewan dan manusia atau sebaliknya. Maka pihaknya akan membentuk tim untuk mengecek kesehatan hewan ternak.

“Pada H – 1 menjelang Idul Adha, Kami bersama petugas medis maupun Dokter hewan dan dibantu 65 mahasiswa kedokteran hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) akan turun mengecek ke lapak -lapak dan titik -titik pada tempat pemotongan,”.kata Diah.

Selain itu lanjutnya, pada hari H di saat pemotongan hewan qurban. pihaknya juga akan mengecek kesehatan hewan tersebut, dengan melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem.

Nantinya, pada saat pengecekan kesehatan hewan ternak, akan diketahui apakah hewan tersebut sakit atau layak untuk menjadi hewan qurban. Jika tidak, maka direkomendasikan agar tidak digunakan sebagai hewan qurban.

“Pada saat pengecekan dan jika dinyatakan sehat, akan di berikan Pin yang dikalungkan dilehernya, selain itu kami juga memberikan sosialisasi kepada para DKM, untuk tidak memilih hewan qurban yang tidak memenuhi syarat sar’i atau kesehatan”, ujarnya.

Adapun hewan kurban yang tidak memenuhi syarat – syarat kesehatan atau syarat sar’i yaitu hewan hewan yang belum cukup umur namun ada dijual dilapak – lapak, kalau domba kan syarat sar’i itu usianya satu tahun dan sapi atau kerbau dua tahun. Papar Diah. (Dris)