Kades Bataan: Salurkan BLT Dana Desa, Upayakan Verifikasi Dan Validasi Data Sesuai Fakta

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) menyiapkan skema Bantuan Langsung Tunai ( BLT) dari sumber dana desa (DD) dan sudah dicairkan.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Desa Bataan Kec. Tenggarang Hariyanto saat membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kalau untuk dana BLT yang diambil dari Dana Desa sudah disalurkan hari ini, jum’at (22/05).

” Kami sudah melaksanakan Musdes penetapaan penerima BLT sebanyak 297 Orang dan ini dilakukan melalui musyawarah desa validasi yang di hadiri oleh Lpmd, Bpd, dan Tokoh Masyarakat serta semua Rt/Rw Bataan. ” Katanya.

Kades Bataan juga mengatakan kalau penerima manfaat BLT besaranya setiap bulan mencapai Rp 600 Ribu selama tiga bulan dengan totalnya Rp 1,8 Juta.

” Dan BLT dana desa ini khusus RTM yang selama ini belum pernah menerima bantuan apapun dari Pemerintah entah itu program PKH, BPNT atau program lain. ” Tutur Hari.

Bahkan Hari meminta kepada Perangkat Desa agar hati hati dan jeli dalam menentukan penerima BLT, jangan sampai ada data penerima ganda dengan bantuan dari Pemerintah pusat, Provinsi dan Daerah karena data yang bermasalah akan menimbulkan kerugian negara dan bisa berdampak hukum. ” Ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Bantuan BLT dari dana desa harus tepat sasaran penerima manfaatnya , yang berhak menerima BLT yakni keluarga miskin yang punya KK dan KTP khususnya warga yang terdampak Covid 19.

” Dan Mereka yang kehilangan mata pencarian, keluarga miskin yang belum terdata, serta mempunyai keluarga yang sakit kronis lebih dipriorotaskan dalam bantuan ini. ” Imbuhnya usai penyaluran BLT di Balai Desa bataan. ( Bam” S )