KADES GAMBANGAN: MUSRENBANG ADALAH SARANA UNTUK MEMBAGUN KEPENTINGAN DESA

0

BONDOWOSO| Sketsaonline. Com – Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.

Musrenbang menurut Kepala Desa Gambangan Kec. Maesan yakni Sumardi, Kalau musrenbangdes ini dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

” Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa. ” Kata Sumardi dalam sambutannya.

Bahkan ia juga mengungkapkan kalau Setiap tahun pada bulan Januari, biasanya didesa-desa diselenggarakan musrenbang untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa). Penyusunan dokumen RKP Desa selalu diikuti dengan penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa).

” Karena suatu rencana apabila tanpa anggaran sepertinya akan menjadi dokumen atau berkas belaka. Kedua dokumen ini tidak terpisahkan, dan disusun berdasarkan musyawarah dan mufakat. RKP Desa dan APB Desa merupakan dokumen dan infomasi publik. Pemerintah desa merupakan lembaga publik yang wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat. Keterbukaan dan tanggung gugat kepada publik menjadi prinsip penting bagi pemerintah desa.” Ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Sekcam Maesan, Heru Susanto menegaskan bahwa acara ini dilaksanakan untuk merencanakan pembangunan di tahun 2020, dan merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh pemerintah desa.

” Ada 3 macam kegiatan yang akan direncanakan oleh pemdes gambangan melalui usulan dalam musrenbangdes kali ini, 1. pembangunan yang menjadi kewenangan Desa, Misalnya Pavinggisasi, 2. pembangunan yang menjadi kewenangan Pemkab, seperti, jalan poros. dan 3. Pembangunan yang menjadi kewenangan pemkab juga pemdes contohnya sarana air bersih, hal inilah yang menjadi tujuan dari digelarnya Musawarah ini. ” Ujarnya Rabu (23/01) di pendopo Balai Desa Gambangan.

Sementara itu, pantauan dari Sketsa, Masing-masing peserta membentuk kelompok untuk mengajukan usulan kepada dinas terkait sesuai dengan yang menjadi skalaprioritas dari tiap dusun, mulai dari program sarana prasarana hingga pemberdayaan masyarakat. ( Bam” S )