Kapolsek Tegalampel Sosialisasikan Maklumat Kapolri Terkait Penyebaran Virus Corona

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19). Tertuang kalimat agar kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum dan di lingkungan sendiri ditiadakan.

Maklumat bernomor Mak/2/III/2020 ini diteken langsung oleh Idham pada Kamis (19/3/2020) itu kini ditindaklanjuti oleh Kapolsek Tegalampel yakni Iptu Tulus Suseno, SH.

Menurutnya, pertimbangan keputusan dari Kapolri didasarkan cepatnya penyebaran virus Corona dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan agar penyebaran tak meluas dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

” Dalam hal ini, Polri berpedoman pada asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi atau Salus Populi Suprema Lex Esto. Maklumat ini dibuat untuk melindungi masyarakat dan harus kami sampaikan kepada Masyarakat melalui Surat Edaran Kapolri di wilayah hukum Polsek Tegalampel. ” Katanya.

Adapun isi dari maklumat tersebut yaitu, memerintahkan kegiatan sosial, budaya, keagamaan, aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sejenisnya ditiadakan.

” Perintah ini juga termasuk untuk kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga. Selanjutnya, diperintahkan untuk tidak mengadakan kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, unjuk rasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lainnya yang menciptakan kerumunan massa. ” Ujar Kapolsek Tegalampel.

Ia juga memerintahkan seluruh pihak tetap tenang, tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Masyarakat juga diminta mengikuti informasi dan imbauan Pemerintah.

” Sedangkan kegiatan yang sifatnya mendesak dan tak dapat dihindari hendaknya diselenggarakan dengan tetap menjaga jarak dan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus Corona yang telah dibuat Pemerintah. ” Imbuhnya.

Sementara itu Jajaran Polsek Tegalampel hari ini Senin (23/03) bahu membahu mendatangi fasilitas umum seperti perkantoran dan pertokoan untuk mensosialisasikan adanya maklumat Kapolri sekaligus menempelkan di tempat ramai yang mudah di ketahui oleh masyarakat. ( Bam” S ).