Kapuskes TNI Resmikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSKI Covid-19 Pulau Galang

0

Kepri, Batam – sketsaonline.com | Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H. beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid – 19 Pulau Galang, Senin (10/8/20) pukul 14.00 WIB.

Kunjungan kerja Kapuskes TNI ini disambut langsung oleh Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Khusus Infeksi Covid – 19 Kolonel Ckm. Dr. dr. Khairul Ihsan Nasution, Sp.BS. dengan agenda Meresmikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Dalam sambutannya, Karumkit mengucapkan selamat datang kepada Kapuskes TNI beserta rombongan di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid – 19 Pulau Galang.

“Ini termasuk kunjungan yang kita nanti – nanti karena memang RSKI ini langsung secara teknis adalah dikendalikan oleh Mabes TNI dalam hal ini di supervisi oleh Kapus, jadi kunjungan ini kita sangat berterimakasih, disela – sela kesibukan Kapus masih menyempatkan waktu untuk datang melihat kita langsung, sehingga moril kita dapat bangkit kembali. Karena tempat kita ini sangat jauh, kita rindu sama yang seperti ini, dilihat oleh orang tua kita.

“Selamat datang Kapus, semoga Kapus juga memberikan arahan dan wejangan kepada kita, juga memberi kesempatan tanya jawab kepada kita, bagaimana tentang penugasan yang terbaik bagi kita disini,” ujar Karumkit RSKI Covid – 19 Pulau Galang.

Pada kesempatan yang sama Kapuskes TNI menjelaskan bahwa kunjungan ini untuk membantu sistem informasi dengan sistem IT yang akan dapat memudahkan kerja para petugas di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid – 19 Pulau Galang.

“Sharing juga sebenarnya, kemudian melihat dan barangkali ada informasi data dan kemudian tentunya ini hal hal yang sangat penting untuk kita dalam rangka sama sama bekerja,” tutur Kapuskes TNI.

“Kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini yang kita harapkan kemarin akhir Juli kelihatannya sudah menurun, tapi Agustus awal sampai saat ini sudah mulai meningkat lagi, jadi ini menjadi suatu hal yang harus kita antisipasi secara serius,” ujar Kapuskes TNI.

Kapuskes TNI juga menuturkan bahwa para medis yang bekerja di RSKI Covid – 19 harus mengutamakan bagaimana suatu upaya untuk membangun supaya orang tidak tertular dan orang tidak menularkan.

“Yang paling penting dan kerumah sakitan tentunya khusus Covid – 19 memang mempunyai spesifikasi, mempunyai kekhasan yang kita harus betul – betul mencermati, kekhasan yang paling menonjol adalah kita menangani pasien Covid, kita pasti harus menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap level tiga, ini tidak boleh ditawar saat ini, dan dai level – level di Rumah Sakit itu, mulai dari level 3, level 2, level 1, semua harus di taati betul bagaimana menggunakan APD yang benar,” tutup Mayjend Tugas Ratmono. (J. Sinurat)