KAWAL PEMILU SERENTAK 2019, PANWASLU KEC. TLOGOSARI LANTIK 165 PENGAWAS TPS

0

BONDOWOSO| Sketsaonline. com – Bertempat di Gedung Olah Raga Haji, Jamil Desa Pakisan, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Tlogosari, melakukan Pelantikan dan Bimbingan Teknis terhadap Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Tlogosari, Senin (25/03).

Pengambilan sumpah dan janji jabatan dilakukan oleh Ketua Panwas Kecamatan Tlogosari yakni Doni Kurniawan, S, Pd. dengan pembacaan fakta integeritas dan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah, janji, dan fakta integeritas.

Dalam Sambutannya Ketua Panwaslu Kec. Tlogosari mengatakan bahwa besar harapannya agar Pengawas TPS yang sudah dilantik bisa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan bisa menjaga integritas , karena itu adalah modal utama dan marwah lembaga kita demi pemilu yang, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

” Karena, demokrasi yang diawali dari pemilu, harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas, dan pemilu yg berintegritas diawali dari penyelenggara yang berintegritas. Dan itu semua bisa tercipta karena tugas tersebut saat ini ada pada pundak bapak dan ibu sebagai pengawas TPS yang langsung bersentuhan mengawasi tempat pemungutan suara pada tanggal 17 April nanti. ” Katanya.

Ditempat yang sama Camat Tlogosari kepada 165 petugas yang sudah dilantik, sudah memahami tugas sebagai petugas Pengawas TPS. Bukan partisan, tidak berafiliasi ke salah satu pasangan calon dan berdomisili di desa/kelurahan setempat.

” Oleh karenanya berdasarkan Undang-undang, PTPS harus terbentuk 23 hari sebelum pemungutan suara. Pengawas TPS pertanggungjawabannya ke Panwascam dalam fungsional kerjanya di bawah koordinasi PPL. ” Tutur Muhammad makhsun.

Dan berharap, pelaksanaan Pemilu nanti berjalan dengan lancar dan sukses serta sesuai dengan apa yang diharapkan semua. Mulai hari ini sampai selesai, ” Dan seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) adalah abdi negara yang sangat diharapkan kontribusi dan integritasnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada para petugas TPS yang baru dilantik, saya juga berterima kasih kepada semua unsur yang telah mendukung dan mensukseskan acara ini,” Imbuhnya.

Senada dengan yang dituturkan oleh Kapolsek Tlogosari menurutnya Pengawasan TPS punya tugas dan tanggung jawab berat. ” Kalau tidak dikerjakan akan berat dan sebaliknya akan ringan apabila dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh. Harus proporsional dalam mengemban tugas dan tidak berpihak kemana pun. ” Ujar Kapolsek dan berharap adanya koordinasi yang inten antar penyelenggara dan polsek. ( Bam” S ).