Keberhasilan Dalam Pengawasan, Bawaslu Depok Punya S-I-M-P

0
Foto : Suasana Wartawan DMC saat Ngobrol Santai bersama Bawaslu kota Depok

Depok – Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengatakan bahwa Badan Pengawas Pemilu DEPOK untuk keberhasilan dalam pengawasan pada perhelatan kepala daerah kota Depok punya pegangan yaitu SIM P .

“SIM P itu lebih kepada Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas. Jadi SIMP itu sangat diperlukan ketika menjalankan tugas dan wewenang di Bawaslu ,” ujar Luli saat ngobrol santai bersama awak media di Cafe ternama Margonda Depok. (11/09).

Dikatakan Luli , Soliditas artinya mampu bekerja dengan baik, mampu membangun pondasi yang kuat dan atap yang kokoh kuat terhadap kepemiluan .bertindak sesuai prosedur, begitu juga dengan integritas satu kata dengan perbuatan . Integritas membuat seseorang dapat dipercaya sehingga didalam melaksanakan tugasnya Bawaslu harus menjaga integritasnya

“Bagi saya secara pribadi integritas merupakan harga mati, Insya Allah saya tetap husnul khotimah dalam menjalankan Tugas dan wewenang sampai akhir nanti”, ungkap Luli

Kemudian Mentalitas sangat perlu didalam tugas nya agar tahan terhadap tekanan – tekanan dari berbagai pihak . contoh pilkada adalah ajang kompetensi atau kontestasi kekuasaan.kami harus kuat secara mental tidak mudah goyah tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang eksternal maupun internal .

Selanjutnya Profesional, adalah melakukan pengawasan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Mekanisme kerja yang jelas dan terukur .contoh, jadi kalau kita punya motor harus punya SIM C, di Bawaslu harus punya SIM P.

Bawaslu memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan proses dan hasil pemilu yang bertanggung jawab melakukan pencegahan dan penindakan. Hal ini menjadi kunci berlangsungnya tahapan pemilu yang jujur dan adil.

“peran strategisnya Bawaslu .tidak hanya menyoroti masalah tahapan tetapi juga kami menyoroti masalah masalah strategis seperti masalah politik uang (mahar politik), masalah politisasi Bansos Dan Netralitas ASN “,tandas Luli. (DOT)