Kemenhub RI Serahkan Kapal Latih Frans Kaisepo kepada BP2IP Sorong

0

Sorong – Kepala Balai Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Djoko Sasono menyerahkan Kapal Latih Frans Kaisepo kepada Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong.

Penyerahan Kapal Latih Frans Kaisepo oleh Politeknik Ilmu Pelayaran Surabaya oleh pengembangan SDM kementerian RI belum lama ini bertempat di pelabuhan Distrik Navigasi kelas 1 Sorong disaksikan perwakilan dari perhubungan laut.

Kepala Balai Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan RI Djoko Sasono menyampaikan, penyerahan Kapal Latih merupakan satu dari enam kapal latih yang disiapkan kementerian perhubungan untuk menunjang ilmu kepelautan taruna di indonesia.

“Kehadiran kapal ini (kapal latih Frans Kaisepo-red) diharapkan menjadi ikon pendidikan pelayaran serta menumbuhkembangkan jiwa pelaut yang handal di Papua dan Papua Barat. Olehnya BP2IP sorong memanfaatkan kapal latih ini sebagai tempat pendidikan dan pelatihan dalam membentuk pengetahuan dan teknologi ilmu pelayaran niaga,” tandasnya.

Kapal Latih Frans Kaisepo diambil dari nama pahlawana nasional asal Papua, di produksi PT.Steadfast Marine Pontianak tahun 2017 memiliki panjang 63 meter dan lebar 12 meter, tipe 1.200 grosse tonnage (GT) berkapasitas 125 orang dan mampu berlayar dengan kecepatan 12 knot.

(jos)