KERAJINAN UNIK PASCA PANDEMI COVID-19

0

Saat ini dunia sedang disibukan dengan permasalahan yang sama dengan merebaknya pandemi coronavirus atau Covid-19. Permasalahan global yang setiap negaranya bekerja dengan tangguh untuk pencegahan serta menyelesaikannya. Hari-hari mencengkam membuat manusia harus untuk tetap berdiam dirumah mereka masing-masing. Pandemi ini sudah sangat merisaukan semua kalangan, kekhawatiran masyarakat yang berlebih hingga menurunnya sistem perekonomian membuat negara Indonesia kewalahan dalam menyelesaikan kasus penyakit ini, ditambah dengan fasilitas dan kesiapan dalam pihak kesehatan yang kurang memadai sejak adanya kasus ini diumumkan.

Namun, dibalik itu semua banyak penduduk harus diliburkan aktifitas pekerjaan yang setiap hari dilakukannya untuk turut andil dalam pencegahan dan mengatasi penambahan kasus penularan covid 19 ini. Mulai dari aktitas sekolah dan kerja dialihkan kerumah, sampai tak sedikit pekerja yang dirumahkan atau bahkan sampai adanya pemecatan karyawan atau biasa disebut dengan DropOut (DO). selain itu banyak pedagang kecil penghasilannya menurun akibat pandemi yang saat ini sedang terjadi.

Salah satunya adalah usaha yang dimiliki Pak Bani ini yaitu suatu kerajinan tangan berupa pita parsel yang berbahan dasar daun lontar. Ide kreatif ini sudah menjadi sumber utama bagi perekonomian keluarga Pak Bani. Kini dengan keadaan pandemic membuat adanya penurunan jumlah pemesanan atas pita parsel ini, terutama pada saat dua bulan pertama kasus ini muncul di Indonesia. Penghasilan yang biasanya dapat mencukup kebutuhan keluarga kini menurun pesat dan tidak adanya pemasukan bagi keluarga tersebut.

Kerajinan Pita Parsel ini amatlah unik, biasa kita melihat banyak hiasan pita parsel yang berbahan plastic ataupun daun jagung, namun tidak dengan kerajinan yang Pak Bani ciptakan ini. Berawal dari resahnya akan daun-daun lontar kering yang berjatuhan ditanah ini membuat munculnya ide kreatif dalam pemanfaatan limbah tersebut, dengan sedikit olahan tangan membuat daun yang dahulu hanya sebuah sampah atau hanya sebuah bahan bakar dapur kini menjadi suatu kerajinan yang unik. Tidak hanya pita parsel dibuatnya, daun lontar ini juga disulap menjadi sebuah ketupat hias dengan berbagai ukuran dan warna yang menarik. Tahan lama dan jarang untuk orang memilikinya, berkualitas baik dan telah terbukti dengan konsumen-konsumen yang sudah berlangganan selama bertahun-tahun.

Tapi tidak dengan sekarang, dengan tidak adanya pemesanan parsel dengan sekala besar atau kecil maka berpengaruh juga dengan pemasukan pesanan kerajinan yang dimiliki Pak Bani. Maka dari itu, mari bantu Pak Bani mencari konsumennya kembali. Barang ini dijamin berkualitas baik dan menarik hanya ada satu macam pita parsel yang berbeda dari yang lain dan hanya di kerajinan pita parsel milik beliau.

Oleh : Nur Iftitakhiya mahasiswa STEI SEBI