Kerap Terendam Banjir Pembangunan Jembatan Penghubung Cipayung – Pasir Putih dikebut

0

Kepala Dinas DPUPR Depok Dadan Rustandi optimistis Pekerjaan pembangunan Jembatan Bulak Barat Pasir Putih Sawangan Depok rampung tepat waktu. Pihak DPUPR juga rutin melakukan monitoring untuk memantau progres pekerjaan tersebut.

“Kami optimistis, pekerjaan Jembatan yang dijadwalkan dengan waktu pelaksanaan 70 hari kalender, dimulai 7 Oktober hingga batas akhir 20 Desember rampung, Karena kami juga selalu memonitor,” ujar Dadan dikantornya (13/12)

Dikatakannya Pembangunan Jembatan tersebut dilaksanakan guna memperlancar arus lalu lintas menggunakan anggran APBD Depok tahun 2019, dengan nilai pagu 1.887.570.101,55 Miliar, yang dikerjakan oleh pihak pelaksana CV Tarosima Jaya didampingi pihak konsultan supervisi CV Minora.

“Saat ini pembangunan jembatan sudah mencapai 70 persen. Berharap pihak kontraktor dapat menyelesaikan tepat waktu, namun demikian kita akan lihat prosesnya dulu, sejauh ini masih sesuai dengan kontrak. Jika nanti kontraktor lalai atau tidak tepat waktu dari kesepakatan awal, terpaksa kami kebut pekerjaan selama 24 jam,” tegas Dadan

Lebih lanjut Dadan mengatakan bahwa jembatan Bulak Barat Pasir Putih Sawangan Depok merupakan daerah cekungan terendah, sehingga membuat air kali kerap meluap.

Saat ini jembatan ditinggikan sekaligus membangun turap pada sisi kiri dan kanannya agar air di Kali Pesanggrahan tidak meluap lagi ke jalan dan tidak merendam jembatan, sekalipun air kali sedang tinggi-tingginya.

“Pekerjaan tersebut merupakan pembangunan ulang jembatan atau membuat jembatan baru, dibangun lebih tinggi memiliki panjang 13 sampai 15 meter dengan lebar 5 meter.tutur Dadan.

Seperti diketahui Jalan Kampung Bulak Barat dan jembatan Kali Pesangrahan merupakan wilayah perbatasan jalan penghubung kelurahan Cipayung dengan Kelurahan pasir putih selama ini dikenal sebagai wilayah paling rawan banjir.

Air kali seringkali meluap merendam kawasan di jalan penghubung itu, meskipun hujan sama sekali tidak turun. Jika hujan turun banjir makin parah dan bisa sampai sepinggang orang dewasa.

Penyebab banjir adalah meluapnya air Kali yang melintas di bawah jembatan di Jalan Kampung Bulak Barat. Luapan air kali, selalu masuk dan meluap ke jembatan hingga ke area sekitar di jalan tersebut, akibat sedimentasi kali dan sampah.

Bahkan tak jarang, banjir meluap sampai ke Jalan Mawar, Pasir Putih, Sawangan, Depok.

Karena hal ini warga sekitar yang kesal, sempat memblokade dan menutup jalan dengan sejumlah batang bambu awal Mei 2018 lalu.(dot)