Kerap Turun Hujan, Bronjong Penyangga SDN Beji 4 Depok Ambrol

0
Foto : Turap dan bronjong penyangga dibelakang SDN Beji 4 Depok Utaran Kec Beji.

Depok – intensitas hujan terus mengguyur diberbagai wilayah kota Depok mengakibatkan Bronjong penyangga tebing SDN Beji 4 Depok Utara kecamatan Beji Depok Ambrol terseret arus kali.

Kepala Sekolah SDN Beji 4 Ika mengatakan disaat hujan lebat tanah pada tebing penyangga SDN 4 Beji menjadi labil menyebabkan Bronjong Abrol yang tak kuat menahan kuatnya air kali.

“Sebelum memasuki bulan puasa pihaknya telah lapor ke pihak dinas pendidikan Bapak Sutarno dan bu Alip, saat itu hujan deras sehari semalam saya khwatir longsor akan melebar”katanya saat dihubungi Via What APP salular (12/5).

Kemudian lanjut Ika pada saat itu pihak sekolah juga telah melaporkan kejadian tersebut ke dinas PUPR dan sudah di tinjau, rencananya akan dilakukan pekerjaan penurapan di bulan April 2020.

“Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda pelaksanaan pekerjaan, padahal turap roboh sudah menutupi setengah badan kali”,katanya.

Foto : Bronjong ambruk menutupi sebagian kali

Ditempat terpisah kepala Dinas Pendidikan kota Depok Muhammad Thamrin mengatakan bahwa pihak Disdik juga sudah melaporkan terkait turap yang roboh ke Dinas PUPR.

Sebelumnya sementara waktu untuk menahan tebing telah dilakukan pekerjaan tanggap darurat menggunakan bronjong agar tanah longsor tidak melebar sampai ke bangunan sekolah yang hanya berjarak kurang lebih 3 meter.

“Namun disaat hujan lebat bronjong tidak kuat menahan derasnya aliran kali sehingga mengakibatkan bronjong ikut roboh terseret arus, jadi harus dibuat turap permanen”, Kata Thamrin

Sementara Kepala Seksi Bidang Sumber Daya Air DPUPR Depok Bahtiar menuturkan bahwa turap roboh di SDN Beji 4 Depok sudah dianggarkan.

“sudah ada pihak ketiga, tetapi karena covid pengerjaan nya agak lambat dan belum mulai tahap pekerjaan nya “ujar Bahtiar. (dot)