Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso: Musrenbang Bisa Menjawab Problem Masyarakat

0


Bondowoso| Sketsaonline. com – Ketua Komisi IV Dprd Kab. Bondowoso, Ady Kriesna, SH menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di Kecamatan Tegalampel pada Senin (10/02).

Anggota DPRD Kab. Bondowoso Dapil V itu mengatakan kalau Musrenbang ini adalah sarana untuk mendengar Aspirasi Masyarakat. Secara umum, penyelenggaraan Musrenbang kecamatan ditujukan untuk menampung aspirasi dan masukan kegiatan pembangunan dari masyarakat yang diselaraskan dengan rencana-rencana pembangunan yang sedang disusun oleh pemerintah daerah.

” Dengan demikian keterlibatan masyarakat kecamatan tegalampel dalam proses perencanaan diharapkan dapat mengoptimalkan rencana pembangunan yang dapat menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan masyarakat secara umum, khususnya yang berada diwilayah Tegalampel. ” Tuturnya.

Politisi dari Partai Golkar ini juga mengapresiasi partisipasi masyarakat untuk meningkatkan dan mengusulkan program dalam aplikasi ePlaning. Ia berharap kepada pemangku kebijakan untuk membagi rata usulan pembangunan per desa/kelurahan.

” Musrembang harus menjawab problem masyarakat desa (pengangguran, stunting, rumah tidak layak huni dan listrik untuk rumah tangga miskin), karena angka pengangguran di Kab. Bondowoso Tahun 2019 14,39% atau sekitar 17.000. ” Ujarnya.

Bahkan ia juga menambahkan karena keterbatasan anggaran yang ada di kabupaten, maka Pembangunan infrastruktur diharapkan ada skala prioritas, ” Hendaknya dalam menyusun hasil-hasil Musrembang memperhatikan pembangunan wilayah (kecamatan) agar ada ketersambungannya pembangunan antar desa (development linked), ” Imbuh Ady Kriesna dan berharap ada perbedaan antara usulan melalui Musrembang yang bersumber dari APBD, dengan perencanaan pembangunan desa yang anggaranya dari dana desa/add maupun dana kelurahan. ( Bam” S )