Ketua Poktan Makmur 6 Desa Kembang: Program UPPO Mempercepat Pertumbuhan Pakan Ternak

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Kementrian Pertanian memberi bantuan unit pengolah pupuk organik (UPPO) kepada 19 kelompok tani dalam rangka mendukung ketersediaan pakan ternak di wilayah ini.

Salah satu penerima bantuan tersebut yakni Poktan Makmur 6 Desa Kembang Kec. Bondowoso dan Ketua Poktan Makmur 6 Sunarsono mengatakan kalau Desa Kembang merupakan salah satu gudang ternak sapi yang ada di Kab. Bondowoso sehingga perlu adanya dukungan pakan ternak sapi dari pemerintah.

“Untuk itu, Kami mengapresiasi Kementerian Pertanian yang telah memberikan stimulan bantuan kepada kelompok tani (poktan), yang dikelola secara swadaya berupa Unit Pengolah Pupuk Organik untuk produksi pupuk kandang sebagai pupuk dasar tanaman. Harapannya, pupuk kandang ini mampu mempercepat pertumbuhan pakan ternak,” Kata Sunarsono.

Ia juga mengatakan kalau pupuk kandang yang akan diproduksi adalah pupuk organik berbahan dasar kotoran hewan (kohe) merupakan bahan utama kesuburan lahan pada setiap musim tanam.

” Kebutuhan pupuk kandang atau kompos setiap tahunnya selalu bertambah, sehingga beberapa kelompok tani berharap mendapatkan bantuan unit pengolah pupuk organik (UPPO) untuk mencukupi kebutuhan pupuk kompos bagi anggotanya atau untuk usaha produksi dan dipasarkan. ” Ujarnya.

“ Dan Kami berharap kelompok tani segera dapat mewujudkan pembangunan UPPO yang terdiri dari kandang sapi komunal, rumah kompos, mesin APO, motor roda tiga sebagai alat transportasi barang yang dikerjakan secara swakelola,” Imbuhnya Sabtu (25/10) Kepada Sketsaonline.

( Bam” S )