Koarmada III Gelar Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu

0

SORONG-Komando Armada III wilayah Indonesia Timur Kamis,(7/2/19) menyelenggarakan latihan pratugas pengamanan pemilihan capres dan cawapres RI dan legislatif tahun 2019.

Simulasi latihan pratugas dibuka Panglima Armada III Laksamana Muda TNI.I.N.G Ariawan SE.MM bertempat di Koarmada III Jl Bubara Klademak 1 Sorong Provinsi Papua Barat.

Panglima sebagai Direktur Latihan mengatakan latihan pra pengamanan pemilu pada hakekatnya merupakan bentuk latihan operasi dukungan kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat serta Polri dengan memproyeksi kekuatan yang terdiri dari KRI, pesawat udara, pasukan marinir dan pangkalan TNI AL.

“Latihan pratugas ibi juga merupakan wujud tanggung jawab dan pengabdian dalam menjaga keutuhan NKRI sekaligus sarana uji terampil guna meningkatkan kwalitas dan profesionalisme prajurit dalam menjalin kerjasama antar unsur TNI / Polri,” terang Panglima Armada III Ariawan Jenderal bintang dua itu.

Dikatakan latihan pratugas pengamanan Presiden di Pemilu 2019 tanggal 17 April nanti, latihan tersebut sudah dilaksaanakan dua minggu lalu.

” Latihan simulasi yang dilaksanakan hari ini( Kamis 7/2/2019 red) latihan mengantisipasi apabila pada saat perhitungan suara ada saksi atau kubuh tidak puas, sehingga terjadi keributan.Ini yang kita praktekkan bagaimana kalau sudah terjadi keributan sikap keamana bagaimana.Seperti kita saksikan dalam prakteknya dua kubu calon presiden ribut karena tidak puas.Polisi selaku garda terdepan meminta bantuan untuk menghalau massa termasuk mengamankan kotak suara dari massa yang hendak merebutnya,” terang Panglima.

Dikatakan Panglima,materi simulasi pratugas pengamanan pemilihan presiden yaitu melipiti, kendali komunikasi dan informasi, aplikasi pengamanan pemilu, komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, pengetsahuan umum, tahapan penyelenggara pemilu, kemudian teknik prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka kamtibmas , kemudian pengarahan pasukan.(JOS)