KPU Depok Terbitkan SK Penundaan Tahapan Pilwalkot 2020

0
Nana Sobarna Ketua KPU Depok (foto: Ist)

Depok – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna, secara resmi mengumumkan penundaan pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Depok 2020 akibat pandemi COVID-19.

“Penundaan ini setelah diterbitkannya penetapan Perppu Nomor 2 Tahun 2020, yang salah satunya tetang pemilihan wali kota,yang sedianya digelar pada bulan September 2020, digeser pada Desember 2020.” kata Nana dalam keterangan resminya, Rabu (6/5).

Dikatakan Nana, pergeseran Pilwalkot dilakukan lantaran telah mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Depok. Sehingga hal ini dilakukan agar penyebarannya tidak meluas, perlu dilakukan pencegahan.

Karena itu, kata Nana, KPU Depok telah menerbitkan surat keputusan No. 36/HK.03.1-Kpt/3276/KPU-Kot/III/2020 tentang penundaan tahapan Pilwalkot 2020, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Surat keputusan penundaan yang kita terbitkan ini berdasarkan pada keputusan KPU Pusat, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas Nana.

Adapun penundaan tahapan Pilwalkot Depok, lanjut Nana, meliputi tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan masa kerja PPS. Kemudian tahapan pembentukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Jadi, setelah diterbitkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2020 pada tanggal 4 Mei 2020 kemarin, menjadi terang benderang bagi kita bahwa pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok akan digelar pada Desember 2020,” terangnya.

“Semoga musibah Covid-19 yang tengah mewabah ini dapat segera berakhir. Dan Kami KPU Kota Depok juga mengajak seluruh masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan mentaati arahan pemberlakuan PSBB,” pungkasnya. (Fiq)