Langka APD, Wakil Walikota Depok Kontek Kemenkes RI

0
Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna

Depok – Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memutuskan datang sendiri ke Kemenkes untuk mengambil jatah APD penanganan Covid-19 untuk Kota Depok. Jumat (27/3/2020) malam.

Ketua DPD Partai Gerindra Kota Depok itu berinisiatif menelpon Menteri Kesehatan Dr. Terawan menanyakan jatah Masker dan APD untuk penanganan Corona di Depok. Dalam koordinasi itu, Pradi memutuskan datang sendiri menjemput barang-barang langka itu untuk segera dibagikan kepada tenaga kesehatan di Depok.

“Iya benar, bapak udah jalan ke Kemenkes mengambil masker dan APD yang jumlahnya cukup banyak,” kata salah satu staf pribadi Wakil Walikota Depok, Jumat (27/3/2020).

Inisiatif Pradi datang dan mengambil sendiri jatah masker dan APD Kota Depok, patut diacungi jempol untuk memutus jalur birokrasi yang panjang, karena jatah APD itu biasanya harus melalui ke provinsi kemudian baru ke tingkat kota dan kabupaten.

Seminggu sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sendiri sudah membuat rencana menyebarkan 10 ribu masker gratis, yang prioritaskan kepada pasien dan tenaga medis di rumah sakit dan puskesmas.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, berdasarkan arahan dari Gubernur Jabar dan Wali Kota Depok, masker distribusikan ke pelayanan kesehatan, yakni, Puskesmas dan sejumlah RS di Kota Depok.

Menurut Novarita, sesuai ketentuannya, masker diperuntukkan bagi masyarakat yang sakit. Tentu, sesuai dengan indikasi gangguan kesehatan, serta diberikan kepada tenaga kesehatan dengan maksud mencegah penularan karena kerap berhadapan dengan pasien.

“Sebagai upaya mencegah penularan bagi masyarakat yang sakit maka akan diberikan masker secara gratis. Begitu juga dengan tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien,” pungkasnya.(DOT)