Longsor Tutup Jalur Penghubung Pacitan-Wonogiri

0

Pacitan, Sketsaonline,–Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, pada Selasa (05/03/2019) sejak pukul 01.00 WIB, mengakibatkan tanah longsor yang menutup jalan penghubung antara Kabupaten Pacitan – Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), sehingga arus lalu lintas tidak bisa dilewati baik roda dua maupun roda empat.

Komandan Rayon Militer 0801/05 Nawangan, Kapten Kav Subari, menyampaikan, sekitar pukul 04.30 WIB, akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dan kontur tanah yang labil, material tanah dan bebatuan menutup seluruh badan jalan penghubung antar kabupaten, tepatnya di kilometer 09, RT 04 RW 08, Dusun Njoso Kidul, Desa Tokawi Kecamatan Nawangan.

“Akibat dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun tebing setinggi empat meter dan panjang tujuh meter mengalami longsor dan menutup akses jalan penghubung Pacitan ke Wonogiri,” ujarnya.

Adapun tindakan yang dilakukan yakni Babinsa mendatangi TKP, kemudian melaksanakan kordianasi dengan Forkopimcam Nawangan. “Sekitar pukul 08.00 WIB, bersama warga melaksanakan normalisasi jalan dengan cara kerja bakti bersama. Dan sekitar pukul 09.15 WIB lebih, akses jalan sudah bisa dilewati baik roda dua maupun empat,” terang Danramil.

Subari berharap kepada Dinas PUPR Pacitan untuk mendatangkan alat berat, untuk membersihkan material yang tersisa agar sisa sisa longsoran tidak menganggu pengguna jalan. Pihaknya juga menghimbau kepada pengguna jalan agar selalu waspada, karena disepanjang jalan penghubung Pacitan – Wonigiri Jateng merupakan area rawan longsor.

“Di dusun Njoto Kidul, Desa Tokawi Kecamatan Nawangan, Pacitan merupakan daerah yang minim signal, sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyampaikan informasi,” imbuhnya. (Sigit)