LSM GIAK : Dugaan Korupsi di DPKP Kota Depok Bikin Sakit Hati Masyarakat

0

Depok – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) turut menyoroti dugaan korupsi di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok.

“Dugaan kasus korupsi di Dinas Damkar (DPKP, red) Kota Depok sangat menyakiti hati masyarakat Kota Depok. Karena, PAD dan APBD Kota Depok itu hasil dari pungutan pajak masyarakat Kota Depok,” kata Ketua GIAK Kota Depok, Vince Roosmery.

Vince menyebutkan, pihaknya mendukung penuh proses penagakan hukum yang dilakukan Polrestro dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok.

“GIAK mendukung proses penegakan hukum terkait adanya dugaan korupsi di Dinas Damkar Kota Depok,” sebutnya, Senin (26/04).

Dia menerangkan, pihaknya mendesak aparat penegak hukum di Kota Depok untuk segera menuntaskan dugaan kasus korupsi di DPKP itu.

“Maka dari itu, GIAK mendesak aparat penegak hukum Kota Depok yakni Kejaksaan dan Polrestro Depok untuk segera menyelesaikan persoalan itu,” tegas Vince.

“Dan ini harapan masyarakat Kota Depok,” tambahnya.

Selain itu, wanita yang lebih dikenal dengan nama Mauwa tersebut memaparkan, perlu adanya pembenahan diruang lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sehingga, hal serupa tak terjadi lagi.

“Kedepannya GIAK berharap Pemerintahan Kota Depok untuk melakukan kajian hukum agar permasalahan korupsi di Kota Depok tidak terulang lagi,” paparnya.

“Yang krusial adalah dinas setara Damkar harus melakukan pembenahan, baik dalam birokrasi maupum tata kelola manajemen dinas agar dapat melakukan tindakan preventif atau antisipasi tidak terjadinya lagi hal-hal berbau korupsi seperti di Dinas Damkar,” lanjut Mauwa.

Lebih lanjut, Mauwa mengharapkan, agar proses hukum yang kini ditangani Kejari dan Polrestro Depok itu cepat terselesaikan.

“Semoga cepat proses hukumnya sehingga, sampai pada tahap pengadilan supaya ada ketetapan hukum atas asas praduga tak bersalah,” tutupnya.