LUAPAN SUNGAI WAGUD MENGAKIBATKAN WARGA DESA KEDUNGRINGIN MUNCAR PANIK

0

BANYUWANGI|Sketsaonline. Com – Tingginya intensitas hujan dibarengi dengan petir membuat para pejabat dan warga siap siaga mengantisipasi adanya bencana banjir di Kec. Muncar Kab. Banyuwangi.

Tingginya debit air di sungai Sungai Wagud mengakibatkan luapan air kejalanan di wilayah Sumber Beras bahkan aliran Sungai Wagud tepatnya jembatan di Desa Kedungringin Muncar arus sungai sangat deras pada Minggu (06/01) tepatnya pukul 16.30 Wib, hingga menjelang magrib, meluap kejalan hingga menimbulkan kemacetan jalan, saking deras arus sungai sebagian menggenangi rumah warga hingga selutut orang dewasa.

Camat Muncar Drs. Lukman Hakim, langsung menuju lokasi, untuk meninjau langsung, dan menyiagakan segenap stap kecamatan, Kepada Desa dan bhabinkamtibmas Polsek serta Babinsa juga peran serta masyarakat agar turut andil dalam mengantisipasi hal tersebut Minggu (06/01/18).

Dan setelah memantau dan mengawasi, kemudian Camat Muncar bergeser ketempat kejadian berikutnya yakni Dusun krajan Desa Kedungringin yang luberan airnya hingga sedengkul orang dewasa.

Ironisnya, ditempat tersebut, ada seorang ibu yang hendak melahirkan di saat arus air sungai meluap, namun berkat kesigapan Camat beserta Kades Kedungringin keduanya langsung ikut memberikan pertolongan untuk membawanya kerumah sakit dengan cara membopong ibu tersebut karena mobil yang ditumpangi tidak dapat menerobos debit air yang terlalu tinggi.

Dalam keterangan Persnya usai memantau langsung Camat Muncar mengatakan, ” Kami akan segara menyusun laporan pada pihak terkait,dan segera mendata rumah warga yang tergenangi air, bahkan akan memberikan bantuan kepada warga tersebut. ” Tuturnya.

Sementara itu, Pantauan Sketsa dilokasi kejadian nampak para warga membahu bahu dipinggir jembatan untuk mengangkat bambu dan kayu yang tersangkut ditengah pondasi jembatan dan Air mulai surut pada pukul 18.06 Wib malam ini namun menyisakan suasana panik dan warga tetap waspada. ( Bam” S ).