Lurah Sukmajaya Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat melalui UMKM

0
Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat menghadiri Musrenbang di Kelurahan Sukmajaya.

Depok – untuk mempercepat dan efisiensi pembangunan infrastruktur ditingkat kelurahan, Pemerintah kota Depok telah kucurkan dana masing – masing Kelurahan mencapai 2,5 Milyar per tahunnya.

” Dalam pemanfaatan anggaran tersebut kami mengikuti perwa berdasarkan juklak juknis yang sudah ada , ” Ujar Lurah Sukmajaya Achmad Munandar usai pelaksanaan musrenbang tingkat Kelurahan dikantornya.(20/1)

dari anggaran itu lanjutnya, pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. 1 miliar untuk pembangunan infrastuktur yang dibagi 4 cosh anggaran , 2 untuk pembangunan drainase,dan 2 untuk jalan lingkungan ( jaling ).

” Kemudian 1,5 M difungsikan untuk pemberdayaan masyarakat antara lain Seni, Sosial Ekonomi dan lain lainnya, total sebanyak 27 item. ” Kata Achmad

Dikatakannya, dari 27 item yang diprioritaskan adalah pemberdayaan masyarakat dengan mendorong pelaku UMKM diwilyah sukmajaya bisa lebih menggeliat .

” Kami mempunyai sekitar 13 RW di Kelurahan Sukmajaya.saat ini baru dibentuk koordinator UMKM per kelurahan, dan baru terdaftar sekitar 40 pelaku UMKM. ” Ujarnya.

Ia juga menambahkan kalau Rata-rata produk unggulan adalah home industri berupa kue, ada juga akan di lirik pelaku home industri Pot Batik yang nantinya akan kita jadikan sebagai produk unggulan Kota Depok.

” Untuk pembangunan infrastruktur jalan secara fisik sudah 99% , tinggal kurang lebih 50% drainase nya .maka kami akan terus berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan terus berupayag meningkatkan pelaku UMKM, ” Tukasnya.

Harapannya, ” kita selaku wajah pak walikota di wilayah, berupaya mewujudkan visi misi pak Walikota Depok yang unggul, nyaman, dan religius Mudah-mudahan visi misi pak Walikota dan Wakil Walikota di akhir jabatan terwujud dan terealisasi. ” Imbuhnya.

Seperti diketahui hadir dalam Musrenbang, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna , Anggota DPRD Depok Endah Winarti dan Turiman, Camat Sukmajaya, serta tokoh masyarakat, RT /RW setempat.

( Dris )