MANAJEMEN RESIKO

0

Oleh : Caesa Pratama Mahasiswa STEI SEBI

Resiko merupakan konsekuensi dari apa yang kita lakukan, kemudian manajemen resiko yaitu bagaiman seseorang bisa mengontrol resiko yang akan di hadapi, jika dalam perusahaan bagaimana agar perusahaan mereka memiliki resiko yang kecil. Dalam hidup ini setiap apapun pasti memiliki yang namanya resiko, baik itu resiko yang berat maupun yang kecil, dalam hidup ini tidak bisa terlepas dari yang namanya resiko, apa pun yang kita lakukan di dunia ini pasti lah ada resiko nya walaupun yang kita lakukan merupakan hal yang positif.

Sesunguhnya dalam hidup kita sudah mengenali manajemen resiko sejak dini. Contoh nya begini, kita mau tidur teratur jam 9 malam tentu kita sudah bisa mangatur resiko yang ada mulai dari gimana kondisi lingkungan kita pada jam 9 malam yang masih ribut karena orang se isi rumah belom pada tidur terus juga kita harus memikirkan apakah kalau kita tidur jam segitu tidak terbangun di tengah malam karena tidur nya terlalu cepat, nah hal hal demikian merupakan suatu contoh sederhana dalam manajemen resiko kita bisa mengindentifikasi resiko yang ada.

Di dalam manajemen resiko juga ada beberapa komponen, diantaranya :

Lingkungan internal
Penentuan sasaran
Identifikasi peristiwa
Aktifitas pengendalian
Informasi
Pemantauan

Itu merupakan beberapa contoh dari komponen manajemen resiko, kalo ingin lebih mengerti lebih dalam mungkin bisa kalian baca sendiri di buku buku yang tersebar dimana mana, tentunya jika saya uraikan semuanya ke dalam artikel ini tentu akan sangat panjang.

Majemen resiko juga berfungsi sebagai, perencanaan, pengaturan, pemimpinan, pengontrolan aktifitas sebuah organisasi, dan juga jika bagi perusahaan bisa berfungsi untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan dan juga bisa untuk evaluasi agar bisa menjadi perusahaan yang lebih baik untuk kedepan nya.

Selanjutnya ada jenis jenis resiko, yaitu :
Resiko finansial
Resiko operasional
Resiko strategis

Kemudian ada tahapan tahapan dalam melakukan menejemen resiko, yaitu :

Mengidentifikasi resiko
Menilai resiko
Pengendalian resiko
Pemantauan
Informasi dan komunikasi

Setelah kita mengetahui apa itu menejemen resiko selanjutnya kita akan berusaha memanajemen resiko dengan sebaik mungkin agar kita bisa meminimalisirkan resiko yang ada. Setelah kita menghadapi sebuah resiko kita juga harus mengevaluasi resiko yang telah terjadi kepada kita agar ke depan nya tidak terulang lagi resiko yang sama. Mungkin sekian artikel yang sudah saya buat semoga para pembaca bisa memahami dengan baik.