Mari Peduli Kepada Pedagang Kecil Di Masa Coronavirus

0
Foto : Beni pedagang kecil .

Sketsa – Siapa yang menyangka, pada awal tahun 2020, negara kita Indonesia bahkan dunia benar-benar di kejutkan oleh kemunculan virus covid 19. Virus ini sangat merubah kondisi kehidupan dan perekonomian dunia, hingga saat ini virus tersebut masih menghantui hampir seluruh penduduk bumi.

Pandemi virus corona alias covid-19 ini berdampak pada banyak sector kehidupan. Bahkan pengaruh besar begitu terasa di lapisan masyarakat bawah seperti para pedagang kaki lima.

Para pedagang ini merugi karena pembeli sangat jarang bahkan taka da. Apalagi Gerakan#DiRumahAja demi mencegah penyebaran virus corona menggerus perekonomian pada pedagang makanan yang notaben nya menggantungkan biaya hidup sehari-harinya lewat berjualan.

Saya mempunyai teman asal parung, kaupaten bogor, dia berjualan sarapan dan jajanan anak-anak, Beni mengakui, usaha nya benar-benra terpengaruh oleh adanya virus ini, dirinya mengalami kerugian yang luar biasa karena karena mengurangnya jumlah pembeli. Bahkan omset perharinya bisa turun sampai 50% karena imbas pandemic corona yang semakin luas.

“semenjak adanya virus corona bikin dagangan kurang pembeli, seminggu ini pendapatan turun hampir 50%, sekarang Cuma bisa pasrah aja dah, mau gimana lagi” katanya bercerita kepada saya.

Ia juga bercerita, biasanya saat berjualan yang menjadi pembeli adalah orang yang ingin berangkat kerja dan sekolah, tapi sekarang kan pada libur, jadi yang beli Cuma orang yang lewat aja, sedikit banget.

“sekarang tinggal muter otak lagi gimana bisa bertahan hidup, Cuma bisa sabar aja, dan sampai saat ini belum dapat bantuan juga ni dari pemerintah, jualan udah 3 tahun baru sekarang ngalamin krisis parah kaya gini”ungkap Beni.

Ia berharap agar ada orang kaya yang berbaik hati mengulurkan tangannya untuk menyisihkan sedikit hartanya untuk orang kecil yang saat ini terdampak adanya pandemi Coronavirus. Harap Beni.

Di tulis oleh : Ariij Rizqi Mahasiswa STEI SEBI