Masyarakat Bisa Apa untuk Mengurangi Dampak Perekonomian Ditengah Merebaknya Covid-19 di Indonesia?

0


Oleh: Heftika Nur Fauziah (Mahasiswi STEI SEBI)

Wabah virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 hingga saat ini sudah merebak ke berbagai penjuru dunia tanpa terkecuali Indonesia. Saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia dari hari kehari semakin meningkat dan jumlahnya sudah mencapai angka tujuh ribu lebih. Dikutip dari Kompas.com saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus terbanyak di Asia Tenggara.

Dampak dari merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 ini telah dirasakan oleh berbagai negara dan juga seluruh umat manusia diberbagai penjuru dunia mulai dari masyarakat, pemerintah, pedagang, petani, buruh, karyawan pabrik, pemilik toko, masyarakat kelas atas, masyarakat kelas menengah hingga masyarakat kelas bawah atau masyarakat miskin.

Akibat penyebaran wabah yang sudah menyebar di berbagai negara ini menyebabkan perlambatan ekonomi di berbagai belahan dunia. Bank dunia melalaui laporannya telah menyebutkan bahwa negara-negara tersebut perlu bertindak cepat, kooperatif, dan dalam skala besar untuk menghadapi dan mengantisipasi perlambatan ekonomi yang lebih buruk. Pemerintah juga disarankan untuk melakukan penyesuaian kebijakan kesehatan dan kebijakan ekonomi makro.

Dampak dari wabah Covid-19 ini sangat dirasakan terutama oleh masyarakat yang berada di kota dengan jumlah penduduk yang sangat padat terutama yang terjadi dikota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Surabaya dan kota besar lainnya. Pemeritah Indonesia melalui pemerintah daerah saat ini juga sedang gencar melakukan physical distancing atau lebih dikenal dengan PSBB (pembatasan sosial berskala besar), Untuk itu seluruh elemen masyarakat diharapkan mampu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam membantu mengurangi dampak perekonomian yang sedang terjadi di Indonesia? Berikut cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam membantu mengurangi dampak perekonomian akibat dari Covid-19 :

Jangan Panic Buying

Akibat dari Covid-19 ini membuat orang berbondong-bondong membeli kebutuhan dalam jumlah yang besar yang menyebabkan barang menjadi langka bahkan tidak jarang ada masyarakat yang menimbunnya lalu menjual kembali dengan harga yang melambung tinggi. Masyarakat diharapkan untuk tidak panic buying serta membeli kebutuhan secukupnya saja.

Optimalkan selling buying online

Dampak dari Covid-19 ini juga turut dirasakan oleh seluruh kalangan termasuk para pedagang, para pelaku UMKM dan para pemilik toko-toko. Sebagian pedagang, pemilik toko dan juga pelaku UMKM saat ini sudah berpindah ke jaringan online atau penjualan secara online untuk memudahkan konsumen serta mengurangi psychal distancing. Dengan cara ini baik penjual maupun pembeli juga dapat merasakakan kenyamanannya. Dengan menggunakan sistem online maka ini juga merupakan salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 serta ikut menstabilkan perekonomian Indonesia.

Memaksimalkan produksi masker dan hand sanitizer.

Dengan memaksimalkan produksi masker dan hand sanitizer maka barang tersebut tidak akan langka di masyarakat dan orang-orang akan sangat mudah menemukannya dan setiap masyarakat dapat menggunakan masker sesuai anjuran WHO untuk mengurangi rantai penyebaran Covid-19.

Mengoptimalkan persediaan lumbung padi Indonesia

Indonesia adalah negara agraris, sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai petani. Momen seperti ini harusnnya dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil panen dalam negeri sehingga Indonesia tidak perlu impor lagi beras dari luar negeri serta dapat membantu perekonomian para petani dan juga Indonesia.

Meningkatkan solidaritas dan tolong-menolong antar sesama.

Ketika setiap elemen masyarakat saling mendukung, saling tolong-menolong dan saling bantu-membantu. Pemerintah membantu masyarakat, masyarakat membantu pemerintah, yang kaya membantu yang miskin maka keadaan sesulit apapun pasti dapat teratasi.

Sudah seharusnya kita sebagai masyarakat yang baik harus saling tolong-menolong, bantu-membantu serta mematuhi anjuran pemerintah dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker setiap bepergian, tidak keluar dari dirumah kecuali ada urusan yang sangat mendesak serta segera lapor ke pihak kesehatan jika merasakan gejala Covid-19. Semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir dan kondisi perekonomian Indonesia segera stabil kembali seperti semula.