Matangkan Penyelenggaraan Pilkada 2020, KPU Selayar Lantik 33 Orang Relawan Demokrasi

0

Sejalan dengan kian dekatnya masa pelaksanaan pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 yang dijadwalkan akan berlangsung, pada hari, Selasa (9/12) mendatang, gerak langkah, Komisi Pemillihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, dalam rangka untuk mempersiapkan dan mematangkan, tekhnis penyelenggaraan pesta lima tahunan yang akan menjadi penentu nasib, serta masa depan rakyat, kota Bumi Tanadoang tersebut, kian serasa kental dan padat.

Perlahan tapi pasti, gerak masif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam mempersiapkan segala bentuk tahapan penyelenggaraan pilkada, semakin jelas terbaca di ruang publik.

Salah satunya, dibuktikan, lewat pelaksanaan kegiatan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap tiga puluh tiga orang relawan demokrasi dari sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan Selayar yang dirangkaikan dengan pembacaan fakta integritas, serta bimbingan tekhnis relawan demokrasi, dan training of trainer (Tot) agen sosialisasi keagamaan pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan relawan demokrasi hasil recruitmen, KPU Kepulauan Selayar yang berlangsung, sejak dari hari, Sabtu, (01/08) sampai hari Kamis, (20/08) kemarin, dihadiri, Ketua Komisi Pemilihan Umum, Nandar Jamaluddin yang didampingi, sekretaris KPU, Asmar Sugianto, S.STP, dan koordinator divisi sosialisasi, sumberdaya manusia (SDM), dan partisipasi pemilih, Andi Nastuti.

Prosesi pelantikan dan penngambilan sumpah jabatan relawan demokrasi, dipimpin langsung Ketua KPU, Nandar Jamaluddin, bertempat, di gedung sanggar PKK, jalan Muh. Krg. Bonto, Benteng, pada hari, Sabtu, (20/08).

Rangkaian acara pelantikan, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang berlangsung dalam suasana sakral.

Turut hadir dalam rangkaian acara tersebut, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kul, Zainal Arifin Amus, yang didampingi oleh staf subag kul, Zubair Bakri, dan Abu Talib, serta, staf sub bagian tekhnis & program, Bustanuddin, Andi Ruslan serta segenap komponen staf sekretariat KPU.

Usai melantik dan mengambil sumpah jabatan relawan demokrasi, Ketua KPU, Nandar Jamaluddin menguraikan, “relawan demokrasi yang telah dilantik dan diambil sumpahnya, diberi ruang waktu selama kurang lebih tiga bulan, untuk bersama-sama dengan KPU dalam mengawal dan mendukung agenda kegiatan yang telah dipersiapkan, khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan program sosialisasi tahapan dan persiapan penyelenggaraan pilkada pemilihan calon bupati dan wakil bupati tahun 2020”.

Secara umum, kehadiran relawan demokrasi dalam penyelenggaraan pilkada bupati dan wakil bupati tahun 2020 diharapkan akan mampu menggenjot peningkatan partisipasi pemilih sebagai garda terdepan dalam membakc up setiap bentuk agenda dan program sosialisasi kepemiluan selama kurun waktu tiga bulan kedepan. (Andi Fadly Dg. Biritta)