MEMBANGUN BRANDING DENGAN VIDEO

0

Pada masa revolusi industry 4.0 ini para pelaku bisnis mulai mengerti bahwa konten video adalah salah satu komponen penting dalam usaha branding dan pemasaran produk bisnis. Rata-rata suatu bisnis dapat memposting hingga delapan belas konten video pemasaran dalam setiap bulannya. Dan konten tersebut disambut baik oleh pelanggan. Karena kurang lebih 85% pelanggan zaman sekarang lebih tertarik melihat brand dari suatu konten video.

Saat ini berbagai saluran yang tersedia untuk pemasaran konten video terus berkembang, sehingga pembuatan dan publikasi video akan menjadi semakin efektif. Data internal google mencatat bahwa ada 63 juta pengguna aktif internet setiap bulannya yang menghasilkan 15 milyar video di Youtube Indonesia. Sementara pertumbuhan jumlah video yang dilihat meningkat sebesar 4x lipat dari tahun ke tahunnya, dan Indonesia menjadi negara pertumbuhan no.1 dalamhal mengupload video.

Ada 3 Manfaat dari membangun brand dengan video :

  1. Video mempunyai ruang yang lebih untuk mengirim pesan
    Produk yang kompleks membutuhkan edukasi ke pelanggan, apalagi jika produk anda membutuhkan informasi yang detil, video akan sangat .
    cocok untuk menjelaskan hal tersebut ketimbang banner.
  2. Video membuat cerita yang baik dan dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Branding menggunakan video akan memudahkan pelanggan mengingat brand anda dan berpotensi untuk bagikan ke masyarakat luas.
  3. Menjangkau pelanggan lebih banyak dengan video online.Tercatat 21% orang Indonesia yang menonton video online setiap hari, 43% yang menonton video online seluler dan 79% yang menonton video via Wi-fi

Salah satu pertimbangan penting saat membuat konten video yakni adalah gaya video yang anda pilih untuk diproduksi. Kemudian hal tersebut di kaitkan dengan strategi pemasaran anda. Anda juga bisa membuat konten video yg lebih berbobot untuk mengedukasi pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menarik minat pelanggan dalam mengenal dan membeli produk anda.

Berikut ini ada 4 jenis gaya atau bentuk video yang bisa anda pilih :

  • Video Tutorial
    Video tutorial menjadi alat pemasaran yang efektif. Ini dikarenakan video tutorial lebih terlihat sederhana, simple, informatif dan edukatif. Poin penting dalam membuat video tutorial ini adalah cukup dengan memfokuskan 1-3 poin penjelasan dalam setiap video tutorial, jangan sampai video tutorial anda meberikan informasi yang berlebih, sehingga membuat pelanggan tidak tertarik untuk melihatnya.
  • Video Wawancara
    Video wawancara juga dapat berfungsi sebagai alat branding yang efektif. Video wawancara tidak memberikan kesan yang kaku seperti yang anda pikirkan, tetapi anda bisa menggabungkan berbagai macam variasi dengan mengajak beberapa narasumber seperti anggota tim bisnis, CEO atau pakar industri untuk menawarkan rekomendasi, saran dan beberapa hal lainnya mengenai brand produk bisnis anda.
  • Video Animasi
    Video animasi merupakan salah satu video yang dinilai kreatif karena dapat membangkitkan imajinasi kartun dan dapat dikembangkan secara efektif, informative bahkan lebih atraktif dari dua jenis video yg dijelaskan sebelumnya. Anda dapat membuat video animasi pendek yang menghibur dan mudah diingatsambil memberikan informasi mengenai brand produk bisnis anda.
  • Curtural Video
    Yang terakhir adalah curtural video. Video ini bertujuan untuk memperlihatkan budaya dalam suatu bisnis atau perusahaan, tidak selalu memperlihatkan tentang aktivitas kerja. Dalam pembuatan curtural video pastikan video budaya anda merepresentasikan kembali budaya brand dan bisnis anda secara otentik. Karena jika tidak, hasilnya akan terlihat palsu dan terkesan dipaksakan.

Itulah beberapa cara untuk mengembangkan brand bisnis dengan video. Memiliki brand yang kuat memang hal yang sangat penting, karena dengan kita membuat branding yang kuat orang akan mudah mengenalinya dan lebih mudah laku meskipun harganya mahal.

Karya : Muhammad Aqil Habibie