Memenuhi Kebutuhan Air Bersih, PDAM Tirta Asasta Bangun Pipa Jaringan Sepanjang Jalan Margonda

0

Depok – untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di wilayah sekitar Depok I dan apartemen yang berada di kawasan Margonda.Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok bangun instalasi pipa air bersih disepanjang Jalan Raya Margonda.

Pembangunan atau revitalisasi ini nilai anggarannya 15,9 miliar melalui proses lelang LPSE Kota Depok dan telah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pada tahap pengerjaannya. Demikian dikatakan Abdul Holik Direktur Umum PDAM Kota Depok usai ngopi bareng sekber wartawan Depok (27/3).

Menurut Holik proses pengerjaan instalasi pipa tersebut dilakukan selama 240 hari kerja yang dimulai sejak 14 November 2018 sampai 11 Juli 2019. oleh pihak rekanan proyek, dalam hal ini pemenang lelang melakukan pengerjaannya dengan cara boring manual. Dimana, setiap jarak 12 meter terdapat pit boring.

Dikatakan Holik, pada proses pekerjaan sudah sesuai SOP baik yang menyangkut galian, pemasangan rambu atau papan nama serta pengumpulan galian tanah. Selain itu Papan nama proyek atau rambu yang ada di pinggir jalan itu juga sudah optimal.

“Sudah cukup optimal rambu-rambunya, karena jika dilakukan penutupan menggunakan banner secara keseluruhan akan memakan tempat sehingga pada saat proses pengerjaannya akan sulit, kan wilayah Margonda padat kendaraan, maka tidak dapat dilakukan penutupan”, kata Hollik.

Lebih lanjut Holik mengatakan,sebelum dimulai pekerjaan tersebut, pihaknya telah melakukan rapat pra konstruksi. Dalam rapat itu, pihaknya telah menekankan untuk melengkapi perlengkapan K3 termasuk papan nama proyek dan rambu-rambu.

“Rambu-rambu itu kan dibuat dari banner dilapisi multiplex dan kerangka kaso serta besi. Ada sekitar 30 buah papan rambu yang dibuat. Pada saat penggunaan, mereka kerja dari hulu dipasang rambu-rambu”lanjut Holik.

Namun demikian pihaknya akan terus memantau proses pekerjaannya, kami juga tidak menutup kemungkinan jika ada saran , kritikan, kami siap tampung dan dijadikan pertimbangan kami untuk diperbaiki dikemudian hari.

Holik juga mengimbau bagi warga yang melintas jalan Margonda agar berhati-hati, dan mohon maaf jika perjalannya agak tersendat yang disebakan adanya proses pengerjaan galian jaringan pipa air bersih PDAM. Tutup Holik.(DOT)