Menanti Kucuran dana Kementerian PUPR, Pembangunan Revitalisasi TPA Cipayung digelar THN 2022

0

Depok – Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan Kurniawan mengatakan, Detail Engineering Design (DED) revitalisasi TPA Cipayung dibuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) telah rampung pada Desember 2020 lalu dengan biaya Rp. 1,2 miliar

“untuk kesiapan pelaksanaan fisik pihaknya masih menunggu dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena memang anggarannya berasal dari pemerintah pusat yang sebelumnya telah kami ajukan” ujar Ardan kepada sketsa (7/04).

Menurut Ardan, Dari hasil DED yang telah dipresentasikan bersama pihak konsultan, biaya revitalisasi TPA mencapai 116 miliar, dananya kita minta dari Kementerian PUPR guna memaksimalkan kapasitas dan fungsi dari TPA sehingga nantinya menjadi lebih ideal.

“Program tersebut merupakan salah satu dari 3 program kegiatan pengolahan sampah kota Depok, yakni Revitalisasi, Pembangunan fasilitas pengolahan sampah berteknologi ramah lingkungan dan Landfill Mining” katanya.

Lebih lanjut Ardan mengatakan, untuk tahab pelaksanaan revitalisasi ini mencakup 2 kegiatan yaitu, Reprofilling dan rehabilitasi TPA.

“pertama akan melakukan Reprofilling atau penguatan tebing sampah, dibuat pola terasering, sedangkan rehabilitasi berupa perbaikan jalan, ipal dan saluran sebagai Sarpras penunjang,” tegas Ardan.

Dengan melakukan reprofilling landfill seluas 7 hektar itu sebagai penyangga timbunan sampah sehingga bertambah tinggi tapi kuat agar tidak terjadi longsor karena kontur tanah diarea TPA hanya 6meter dan 6 meter kebawah adacgenangan lumpur kurang lebih 60 meter.

Secara teknik nanti pihak kementrian PUPR yang melaksanakan pekerjaannya, kami sendiri yang akan mengelola sampah tersebut. Kami sudah kirim surat dan ajukan dananya ke Kementerian PUPR dan responnya bagus. Mudah-mudahan terealisasi tahun depan,” tandas Ardan. (dot)