Mengapa Harus Berzakat Fitrah ?

0
Foto : Istimewa

Bulan Ramadhan identik dengan kegiatan ibadah Puasa yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia selama satu bulan penuh. akan tetapi ada hal lain juga yang identik dilakukan di Bulan Suci Ramadhan ini. yaitu mengeluarkan zakat fitrah bagi yang mampu.

Mungkin timbul pertanyaan dalam diri beberapa orang mengapa kita harus mengeluarkan Zakat Fitrah ? Dan mengapa kita harus membayarnya saat Hari ‘Ied ?

Dalam Buku Maqhosid Bisnis Dan Keuangan Islam karanga Dr Oni Sahroni M,A dan Ir, Adiwarman A, Karim S,E., M.B.A, M.A.E.P di jelaskan bahwa zakat fitrah diwajibkan memiliki tujuan khusus yaitu mensucikan harta Muzakki (Orang yang Berzakat Fitrah) Dan membantu kaum miskin pada hari ied sehingga mereka juga dapat merasakan kegembiraan pada hari ied. Tujuan ini diketahui dalam Hadits Ibnu abbas sebagai berikut.

“ibnu Abbas berkata : Rasulullah SAW, mewajibkan Zakat Fitrah Untuk mensucikan orang yang berpuasa dari sesuatu yang tidak bermanfaat dan kata yang tidak terpuji. Juga untuk memberikan makanan orang orang miskin”. (H.R Abu Daud).

Maka dapat di ambil kesimpulan dari penjelasan di atas bahwa Zakat Fitrah dikeluarkan pada hari Ied supaya Masyarakat yang kurang mampu dapat merasakan kegembiraan Hari Raya Idul Fitri seperti muslim muslim yang lainnya.

Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Daud juga dikatakan bahwa kita harus memberikan makanan kepada orang orang miskin. karena beberapa bentuk makanan yang disebutkan dalam hadits tersebut adalah sarana bukan tujuan maka tidak ada bentuk ketentuan makanan khusus yang harus diberikan kepada orang orang miskin melainkan setiap makanan yang dapat membantu orang miskin pada hari ‘Ied.

Di zaman sekarang pun membayar zakat fitrah bagi umat muslim sudah sangat mudah. Karena sudah banyak lembaga lembaga terpercaya yang siap menyalurkan zakat fitrah kita kepada masyarakat yang membutuhkan. biasanya tiap tiap masjid juga memiliki tim Amil zakatnya masing masing.

Maka dari itu mari kita selaku umat muslim untuk melaksanakan kewajiban kita untuk mengeluarkan zakat fitrah. Selain untuk membersihkan harta kita zakat juga mampu menolong saudara saudara kita sesama muslim untuk ikut berbahagia dihari Raya Idul Fitri.

Oleh : Muhammad Wildan Safri Mahasiswa STEI SEBI Depok